Round-Up

Kasus Aktivis Antimasker Banyuwangi Jemput Paksa Jenazah COVID-19 Berujung Bui

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 08:10 WIB
Aktivis Antimasker Banyuwangi Ditetapkan Tersangka
Oknum LSM yang juga aktivis antimasker ditahan (Foto: Ardian Fanani/detikcom)

"Jika saya tak bermasker penjarakan saya. Saya akan gugat Pergub yang dikeluarkan Pemprov Jatim. Menteri kesehatan mengatakan bahwa yang memakai masker adalah yang sakit, bukan yang sehat," ujarnya kepada detikcom.

Yunus kemudian dibawa masuk ke sel tahanan Mapolresta Banyuwangi dengan kawalan ketat dari aparat kepolisian. Dia dijerat dengan pasal 14 ayat 1 dan 2 UU nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana dan pasal 45 huruf a Jo pasal 28 UU Nomor 19 tahun 2016 ITE dan pasal 93 UU nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan Kesehatan.

Sebelumnya video rekaman aksi nekat M.Yunus Wahyudi saat mengambil paksa jenazah pasien positif COVID-19 sempat viral di media sosial. Bahkan, dalam video rekaman itu Yunus akan menggugat Peraturan Gubernur (Pergub) yang mengatur tentang pemberlakuan masker, jika dirinya ditangkap.

Yunus juga siap dipenjara jika memang memang dinilai salah. Namun dirinya juga akan menggugat Pergub yang mengatur tentang larangan tak bermasker.

Video Yunus marah-marah di dua rumah sakit Banyuwangi, viral. Tanpa menggunakan masker, dirinya mendatangi RSUD Genteng dan marah kepada petugas rumah sakit. Dalam video itu, oknum LSM meminta petugas rumah sakit memulangkan jenazah pasien reaktif COVID-19. Dan kemudian hasil swab dinyatakan positif COVID-19.

Video viral berdurasi 4.56 menit itu diunggah Sabtu (3/10/2020). Hingga pukul 12.20 WIB, Minggu (4/10/2020) sudah ada 880 komentar. Salah satunya:

@suradikun: Bpk aktivis ini belom merasakn sprt plesiden amerika yg awalny anti masker dan sekrg baru
menyadari karena trpapar
@evenpotret Terus berjuang,pak yunus..semoga terbongkar permainan pandemik covid-19. Aamiin
@dwisuryanto23 Gue positif nih kebetulan, boleh pak yunus kita ngobrol tanpa masker ? Saya batuk2 juga nih
@ummahfadhlan_2018 Uda ketemu orang gini g usah diladenin. Cuekin aja tinggal pergi. Kakean cangkem tok ga ono isine
@bgsetyab Suruh aja seminggu tidur sekamar bareng pasien covid wkwkwk

Halaman

(fat/fat)