Ini Klarifikasi Hajatan Mewah Kepala Kemenag Jombang Langgar Protokol Kesehatan

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 18:27 WIB
Pernikahan Putri Kepala Kemenag Jombang Diwarnai Kerumunan Tamu Undangan di tengah pandemi
Hajatan mewah Kepala Kemenag Jatim (Foto: Istimewa/detikcom)

Bersama panitia yang lain, Emy mengaku berusaha maksimal menegur tamu undangan yang berkerumun dan yang nekat melepas masker. Khususnya saat para tamu memberikan ucapan selamat ke Taufiq dan pasangan pengantin.

"Kami terus mewanti-wanti jaga jarak, masker jangan sampai dilepas, juga setelah mengucapkan selamat, diberi souvenir kemudian pulang. Ketika terjadi kerumunan kami tegur dan kami ingatkan. Mungkin ada yang kurang maksimal," tandasnya.

Resepsi hajatan nikah putri Taufiq digelar di ballroom salah satu hotel di Jalan Soekarno-Hatta, Jombang pada Minggu (4/10). Berdasarkan undangan yang disebar, panitia sudah menjadwal kedatangan para tamu menjadi 6 sesi. Yakni mulai pukul 09.00-15.00 WIB.

Kasubbag Tata Usaha (TU) Kantor Kemenag Kabupaten Jombang Emy ChulaimiKasubbag TU Kemenag Jombang Emy Chulaimi/ Foto: Enggran Eko Budianto

Panitia tampak melindungi diri dengan memakai masker dan face shield atau pelindung wajah. Namun dalam video yang diterima detikcom, kerumunan tamu undangan masih terjadi di dalam tempat resepsi. Sebuah foto juga menunjukkan sejumlah tamu undangan berfoto dengan pengantin tanpa memakai masker dan tidak menjaga jarak.

Satpol PP Jombang baru melakukan tindakan sekitar 2 jam menjelang hajatan tersebut bubar. Petugas penegak perda hanya mengingatkan panitia dan manajemen hotel agar terus mematuhi protokol kesehatan. Karena mereka mengaku tidak menemukan langsung pelanggaran saat itu.

Halaman

(fat/fat)