BKKBN Gelar Sosialisasi Advokasi dan KIE Emak-emak di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 04 Okt 2020 22:29 WIB
BKKBN Gelar Sosilisasi Advokasi dan KIE Untuk Emak-emak di Banyuwangi
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Puluhan emak-emak di Banyuwangi antusias mengikuti sosialisasi, advokasi dan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE). Ini merupakan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana).

Kegiatan agenda rutin Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai mitra Komisi IX DPR RI tersebut digelar di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, Minggu (4/10/2020). Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Shodiqin, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh; Plt. Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Banyuwangi, Lukman Hakim.

Dalam sosialisasi yang dilakukan di tengah Pandemi COVID-19 ini BKKBN membagikan bantuan paket alat pelindung diri (APD) dan kebutuhan pokok bagi masyarakat terdampak COVID-19 yang diwakili secara simbolis oleh perwakilan dari masyarakat setempat, Bidan ,dan Penyuluh KB Kabupaten Banyuwangi.

"Ini agenda rutin BKKBN bersama mitra Komisi IX DPR RI (yang merupakan mitra kerja BKKBN)," ungkap Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Shodiqin kepada wartawan.

Untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat bersama dalam pencegahan dan penanggulangan pandemi COVID-19 di Banyuwangi. Dia mengajak masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan kepatuhan terhadap anjuran pemerintah.

"Di tengah-tengah upaya keras kita untuk mencegah penularan COVID-19. Jawa Timur dihadapkan pada ancaman baby boom, apabila selama pandemi COVID-19 masyarakat yang seharusnya ber-KB ternyata tidak ber-KB," jelasnya.

Hasil pantauan statistik rutin perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, selama tiga bulan terakhir yaitu Februari, Maret dan April 2020, telah terjadi kenaikan DO (Drop Out) KB secara signifikan. Pada bulan Februari terjadi DO sebanyak 68.547 atau 1,13%, bulan Maret sebanyak 278.356 atau 4,68% dan April sebanyak 414.708 atau 7,07%.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh mengatakan, sosialisasi Program Bangga Kencana bersama BKKBN ini sudah menjadi agenda bersama Komisi IX DPR RI untuk mengkampanyekan Program Keluarga Berencana.

Tidak hanya mengenai keluarga berencana saja, melainkan juga tentang generasi berencana, pernikahan di usia muda dan juga kesehatan reproduksi. Selain mensosialisasikan program Bangga Kencana, juga melakukan bakti sosial dengan membagikan APD dan bahan kebutuhan pokok.

"Semoga bantuan kami yang sederhana, tidak seberapa ini mampu membantu masyarakat di masa pandemi ini," pungkas Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh.

(fat/fat)