Ini Penjelasan Takmir Masjid di Malang Gelar Nobar Film G30S/PKI

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 21:23 WIB
nobar film g30s pki di masjid
Foto: Tangkapan layar

Nobar yang digelar mulai usai salat Isya Selasa malam, berakhir hingga pukul 24.00 WIB. "Tujuan kita, agar tidak sampai melupakan sejarah, lewat pemutaran film. Kemarin selesai sekitar pukul 24.00 WIB," tuturnya.

Nur membeberkan, dua layar proyektor dipasang saat pemutaran film. Selama nobar, protokol kesehatan ketat dilaksanakan, dengan jumlah penonton tidak sampai membludak.

"Tetap kami, menerapkan protokol kesehatan, dan yang hadir juga tidak sampai banyak. Tidak sampai 20 orang, bahkan ketika menjelang selesai, semakin berkurang. Mungkin karena sudah larut malam," bebernya.

Ketua takmir masjid Al-Mu'minun, M NurKetua takmir masjid Al-Mu'minun, M Nur/ Foto: Muhammad Aminudin

Disinggung pemutaran film mengundang reaksi netizen ? Nur menganggap pro kontra menjadi hal sangat biasa. Karena itu, pihaknya bisa memahami, apabila ada masyarakat yang kontra atas digelarnya pemutaran film di masjid.

"Pro kontra itu biasa, kita menanggapinya. Semua akan selalu ada pro kontra di masyarakat. Pemutaran film dalam masjid juga mengikuti permintaan jemaah," jawabnya.

Nur berharap, pemutaran film G30S/PKI di masjid Al-Mu'minun tak menjadi polemik, karena tujuannya memberikan edukasi akan sejarah kelam Indonesia di tahun 1965.


(fat/fat)