Wisata Air di Mojokerto Buka, Gugus Jatim Ingatkan Risiko Penularan COVID-19

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 17:25 WIB
Pemandian air panas Padusan di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto diserbu wisatawan yang menikmati long weekend. Pengelola objek wisata membatasi jumlah pengunjung, maksimal 1.400 orang dalam satu hari.
Pemandian air panas padusan Mojokerto/Ilustrasi (Foto file: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Mojokerto -

Saat pandemi COVID-19, tempat wisata air di kawasan Pacet, Mojokerto beberapa di antaranya telah buka tanpa protokol kesehatan (Prokes) COVID-19. Padahal Kabupaten Mojokerto masuk zona merah. Gugus Tugas COVID-19 Jawa Timur angkat bicara soal izin tempat wisata di Mojokerto tersebut.

"Akhirnya beberapa wisata risiko rendah ke moderat dibuka dengan protokol kesehatan. Wisata risiko rendah (hijau) seperti camping, main golf, taman main terbuka. Sedangkan untuk risiko moderat (kuning) seperti ke pantai, berenang, pesta barbekyu. Nah wisata air ini risikonya moderat," kata Anggota Gugus Kuratif Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur, dr Makhyan Jibril saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (29/9/2020).

Risiko moderat, jelas Jibril sebagai risiko sedang. Dan wisata air masuk dalam wisata yang berisiko sedang untuk penyebaran COVID-19.

"Jadi idealnya memang dalam kondisi untuk menyeimbangkan gas dan rem, saat ini industri wisata pendapatanya anjlok sampai 80 persen. Di sisi lain kita harus tetap betul-betul mempertimbangkan sisi kesehatan," jelasnya.

Soal izin wisata, Jibril menyebut izin yang memberikan yakni kabupaten/kota terkait. Namun melihat zonasi, Kabupaten Mojokerto pada minggu lalu masih menjadi zona merah.

"Kalau izin di lokasi wisata lokal atas seizin Satgas COVID-19 masing-masing kabupaten/kota," pungkas Jibril.

Sebelumnya, zona merah di Jatim hingga Senin (28/9/2020), masih tersisa di 6 kabupaten/kota. Yakni Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan dan Sumenep.

Simak video 'Begini Prosedur Kesehatan Pariwisata di Masa Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)