Pilih RS Darurat, Satgas Jatim Tak Pakai Hotel untuk Pasien COVID-19 Tanpa Gejala

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 17:11 WIB
rs darurat
Satgas COVID-19 Jatim lebih memilih merawat pasien di RS Lapangan ketimbang hotel (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Satgas COVID-19 Jawa Timur enggan memilih tempat isolasi pasien positif COVID-19 OTG di hotel. Satgas Jatim memilih rumah sakit lapangan menjadi tempat isolasi pasien OTG.

"Nah jadi terkait hotel untuk pasien orang tanpa gejala (OTG), sebenarnya kan sudah kita coba dulu banget waktu ada beberapa klaster baru di Surabaya. Nah ternyata di lapangan agak susah membuat hotel menjadi ruang isolasi untuk pasien OTG," kata Anggota Satgas Kuratif Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur, dr Makhyan Jibril kepada detikcom, Selasa (29/9/2020).

Jibril menyebut kesiapan hotel menerima pasien OTG belum memenuhi kriteria. Selain itu, pihaknya juga memikirkan tentang kondisi staf hotel yang merasa ketakutan karena ada pasien COVID-19 yang dirawat.

"Karena hotel belum siap dengan ventilasi tekanan negatif, sehingga berpotensi menularkan ke staf-staf hotel. Selain itu biasanya staf hotel juga masih takut, berbeda dengan tenaga kesehatan yang sudah biasa," jelasnya.

Untuk pasien OTG, gejala ringan hingga sedang, Satgas COVID-19 Jatim memilih untuk membawa ke Rumah Sakit Darurat Lapangan COVID-19 di Indrapura. Apalagi, kapasitas bednya banyak dan okupansinya tidak sampai 50 persen.

"Akhirnya diputuskan sekarang lebih difokuskan ke Rumah Sakit Darurat Lapangan, karena lebih efektif , kesembuhannya 100 persen, kematiannya 0 persen dan sudah menyembuhkan 2.175 pasien COVID-19. Sekarang kapasitasnya 357 bed dan masih merawat 152 pasien," imbuh Jibril.

Selain itu, Satgas COVID-19 Jatim berencana akan membangun RS Darurat Lapangan COVID-19 di Malang. Rencananya RS itu memiliki kapasitas 306 bed.

Tonton video 'Penjelasan Riset soal Obesitas Rentan Terserang Virus Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)