Ini Makna Lagu Los Dol Langsung dari Penciptanya

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 14:23 WIB
Dahlan efendi
Dahlan Efendi, pencipta lagu Los Dol (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun -

Lagu Los Dol yang di bawakan Denny Caknan begitu populer. Namun belum banyak orang tahu siapa pencipta lagu berbahasa Jawa tersebut.

Adalah Dahlan Efendi yang menciptakan lagu yang digandrungi anak muda itu. Lagu Los Dol ternyata memiliki makna rasa cinta mendalam seorang pria kepada kekasihnya.

"Maknanya adalah sikap lapang dada seorang pria kepada kekasihnya. Meskipun tahu kekasihnya mulai main hati dengan sang mantan," ujar Dahlan kepada detikcom di rumahnya di Desa Sidorejo, Kebonsari, Madiun, Senin (28/9/2020).

pencipta los dolFoto: Sugeng Harianto

Dahlan mengatakan Los Dol menceritakan sang kekasih ketahuan main hati dengan mantan lewat pesan WhatsApp. Namun si pria tidak marah dan tidak tidak cemburu. Justru si pria dengan sikap Los Dol (sangat pasrah membiarkan) rela membelikan pulsa untuk wanita tersebut.

"Kekasihnya mulai bermain hati dengan mantan dan dikhianati, namun itu tidak lantas menjadikan dia cemburu atau emosi. Malah memanjakan kekasihnya dengan membelikan paket data bila habis," kata Dahlan sambil tertawa kecil.

Saat ditanya apakah lagu tersebut mengisahkan pengalaman hidupnya? Dahlan mengaku tidak. Lirik lagu Los Dol itu merupakan kisah dari teman dekatnya.

"Bukan pengalaman saya, tapi kisah teman. Sebut saja kumbang mas," lanjut Dahlan sambil tertawa.

Dahlan senang lagu Los Dol ciptaannya sukses dinyanyikan Denny Caknan dengan total view saat ini mencapai lebih dari 75 juta. "Info terakhir sudah 75 juta yang nonton lagu ini di chanel mas Denny Caknan. Alhamdulillah ikut kecipratan royalti," tandas Dahlan.

Sat ini Lek Dahlan dalam kesibukannya mengajar anak-anak mengerjakan PR dan menghibur dengan bernyanyi. Ini dilakukan secara ikhlas tanpa dipungut biaya atau gratis untuk meningkatkan imun anak di pandemi COVID-19.

Los dol ndang lanjut leh mu Whatsapp an

Cek paket datane, yen entek tak tukokne

Tenan dik elingo yen mantan nakokno

Kabarmu tandane

Iku ora rindu

Nanging kangen kringet bareng awakmu

(iwd/bdh)