Round-up

Cemburu Buta Wanita di Sidoarjo Hingga Bakar Rumah Istri Siri Suami

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 27 Sep 2020 08:25 WIB
Wanita di Sidoarjo membakar rumah janda beranak tiga karena cemburu buta. Sebab, suaminya memiliki hubungan terlarang dengan janda tersebut.
Rumah Siti yang dibakar/Foto: Istimewa
Surabaya -

Wanita di Sidoarjo membakar rumah Siti (38) karena cemburu buta. Sebab, suaminya ternyata telah menikah siri dengan Siti.

Wanita yang terbakar api cemburu dan nekat membakar rumah Siti berinisial KR (45). Ia merupakan warga Desa Kebonsari, Kecamatan Candi, Sidoarjo. Sedangkan Siti warga Desa Balong Gabus.

Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Ambuka Yudha Hardi Putra membenarkan adanya peristiwa pembakaran rumah tersebut. Dalam peristiwa itu, penghuni rumah mengalami luka bakar. Yakni siti dan tiga anaknya.

"Semua korban dilarikan ke RSUD Sidoarjo. Bahkan ada satu korban yang sudah membaik," kata Ambuka, Kamis (24/9/2020).

Ambuka menjelaskan, setelah mendapat laporan dari masyarakat dan keterangan para saksi, pelaku berhasil ditangkap di Pacet, Mojokerto. Kepada polisi, KR mengaku emosi lantaran terbakar cemburu.

"Pelaku mengaku merasa cemburu terhadap korban. Lantaran suaminya ada hubungan dengan korban," imbuh Ambuka.

Pembakaran rumah itu terjadi pada Rabu (23/8) sekitar pukul 01.15 WIB, saat korban bersama ketiga anaknya tertidur lelap. Kakak korban yakni Maksum (45) bercerita, sebelum kejadian atau pada Selasa (22/9) sekitar pukul 21.00 WIB, pelaku datang ke rumah korban sambil marah-marah.

"Sebelumnya wanita itu (KR) marah-marah ke adik saya (Siti) dan saya suruh pergi. Akhirnya KR itu pergi," kata Maksum.

Maksum melanjutkan, kemudian pada Rabu dini hari sekitar pukul 01.15 WIB ia mendengar orang minta tolong, dari belakang rumahnya. Saat keluar rumah mencari sumber suara itu, ia kaget bercampur panik melihat api sudah membakar teras dan ruang tamu rumah Siti.

Tonton juga 'Kronologi Istri Siri Tusuk Suami dengan Pisau Gegara Uang Rp 30 Ribu':

[Gambas:Video 20detik]

"Saat keluar rumah itu melihat pelaku lari ke arah timur atau ke arah sungai. Pelaku langsung kabur ke belakang rumah," tambah Maksum.

Maksum mengaku tidak mengejar pelaku. Ia lebih memilih menyelamatkan adik dan tiga keponakannya yang ada dalam rumah. Dia menyelamatkan empat orang itu dengan menjebol pintu samping.

"Alhamdulillah Siti, bersama ketiga anaknya yakni FK (16), S (12) dan A (1) berhasil keluar dari kepungan api. Namun barang berharga milik korban tidak bisa diselamatkan," pungkas Muksum.

Jumat (25/9), baru satu anak Siti yang sudah pulih dan diizinkan pulang dari rumah sakit. Sedangkan dua anak lainnya masih dirawat karena mengalami luka bakar hingga 13 persen.

Siti juga belum dibolehkan pulang. Ia mengalami luka bakar hingga 18 persen. Seperti yang disampaikan Humas RSUD Sidoarjo M Idham.

"Kondisinya sudah membaik semua. Untuk anaknya tinggal tunggu visite dokter. Sedangkan ibunya, untuk pulang ke rumahnya belum bisa memastikan, tunggu hasil advise dokternya. Saat ini masih dirawat di ruang rawat inap mawar kuning," kata Idham saat dihubungi detikcom, Jumat (25/9/2020).

Kemudian terungkap fakta baru soal Siti. Ternyata ia merupakan istri siri suami KR. Seperti yang disampaikan Kanit Reskrim Polsek Candi Iptu Isbohar Mona.

"Korban merupakan istri kedua suami pelaku. Namun hanya dinikahi siri," kata Isbohar saat dihubungi detikcom.

(sun/bdh)