Jumat Pon, Sejarah Menyakitkan Saat Tsunami Terjang Banyuwangi 1994

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 20:06 WIB
tsunami di banyuwangi
Tsunami Banyuwangi tahun 1994 (Foto: Istimewa)
Banyuwangi -

Tragedi tsunami 1994 di Pantai Mustika Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, dijuluki warga sekitar Tragedi Jumat Pon. Karena kejadian ombak tinggi menerjang puluhan rumah di pinggir pantai itu terjadi pada hari Jumat Pon.

"Kejadian tsunami itu pada hari Jumat Pon. Sampai saat ini warga akan tidak melakukan apapun pada jari Jumat Pon," ujar Siti Fatimah (40) salah satu saksi tsunami Pancer kepada detikcom, Jumat (25/9/2020).

Para nelayan di Pancer, kata dia, tidak akan melaut. Hal ini dikarenakan traumatik yang dirasakan warga atas tsunami yang menimpa 26 tahun lalu.

"Tidak ada yang melaut. Mereka lebih baik di rumah saja katanya," tambahnya.

Kebanyakan para nelayan akan melakukan perjalanan mencari ikan selama satu hari penuh. Selanjutnya, hasil tangkapan ikan akan dibawa ke pelelangan, tak jauh dari lokasi.

"Memang benar. Pada saat itu ada yang pulang ke rumah tapi tidak menemukan rumahnya. Karena hancur ditelan ombak. Tangkapannya banyak pada saat itu," pungkasnya.

Apa yang diceritakan Siti Fatimah diamini Gatot (56), nelayan Pantai Mustika Pancer. Gatot mengaku saat itu dirinya selamat dari gulungan ombak tsunami karena berada di laut. Tidak ada kejadian aneh saat di tengah laut. Hanya ada gelombang agak besar yang bergulung sebanyak 3 kali.

Selanjutnya
Halaman
1 2