Nol Kematian, RS Darurat Beri Harapan Kesembuhan Pasien COVID-19 Jatim

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 14:28 WIB
rs darurat
Tenaga kesehatan RS Darurat (Foto: Faiq Azmi)

Hal yang disampaikan Khofifah soal treatment yang baik di RS Lapangan Indrapura bukan tanpa alasan. Salah satu pasien yang sembuh yakni Wathonil Aziz (37) mengatakan pelayanan di RS Lapangan Indrapura sangat bagus. Ia dirawat selama 9 hari di RS tersebut dan mendapat asupan vitamin yang memadai.

"Saya 9 hari di sini, setelah hasil swab saya positif. Di sini ada dokter yang mobile melayani kita. Kita setiap hari, 3 kali dicek oleh dokter, dan diberi obat serta vitamin," kata Aziz kepada detikcom.

Pria asal Sidoarjo ini membenarkan bahwa fasilitas di RS Darurat membantu dirinya untuk sembuh. Apalagi, pasien di sana diberi kebebasan untuk beraktivitas.

"Enak di sini ada kafenya. Setiap pagi diajak dokter untuk senam. Lalu tempat perawatannya memadai. Tempatnya representatif lah," ujarnya.

Ribuan pasien COVID-19 yang akhirnya sembuh di RS Lapangan Indrapura akhirnya membentuk Grup Whatsapp 'Ikatan Alumni Penyintas COVID-19 RS Lapangan Indrapura' pada 22 Agustus lalu. Alumni ini dipimpin oleh Edy Sukotjo.

Edy yang merupakan pasien sembuh ke-150 di RS Lapangan Indrapura ini juga mengatakan layanan di rumah sakit ini membuat pasien menjadi rileks dan nyaman.

"Kita merasa dirawat dengan sangat baik. Diberi kebebasan. Sebenarnya ini kunci pasien di sana menjadi sehat. Kita bisa video call-an dengan keluarga. Jadinya keluarga tidak cemas dan mengerti bahwa kondisi kita baik-baik saja," terang Edy.

Perhatian tim medis dengan memberi asupan yang bergizi juga disebut Edy menjadi faktor yang membuat pasien cepat sembuh di RS Lapangan Indrapura.

"Saya hanya 2 hari dirawat lalu diswab ulang di sana dan hasilnya negatif. Tentunya karena perhatian tim medis yang luar biasa cekatan. Ada juga kafe di sana. Kita bisa santai dan rileks. Juga olahraga, ada pingpong zaman saya di sana. Sekarang ditambah ada peralatan gym. Ini kan treatment yang bagus buat menyembuhkan pasien. Bukan soal saya pasien tanpa gejala lantas gampang sembuh, tapi karena pelayanan dan kebebasannya yang membuat imunitas kita membaik dan akhirnya sembuh. Bukan dikekang harus di dalam ruangan, malah stres kan," bebernya.

Dan uniknya, para pasien COVID-19 yang dirawat di RS Lapangan Indrapura mendapat perayaan saat mereka dinyatakan sembuh dari COVID-19. Perayaannya adalah mereka diajak tumpengan di depan pintu masuk rumah sakit yang terletak di Jalan Indrapura, Surabaya tersebut. Perayaan ini rutin dilakukan setiap pasien sembuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4