Kasihan, Hiu Paus Terjerat Jaring di Pantai Blado Trenggalek

- detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 13:47 WIB
hiu paus di trenggalek
Warga mendorong hiu paus ke tengah laut (Foto: Tangkapan layar)
Trenggalek -

Seekor Hiu Paus (Rhincodon typus) sempat terdampar di Pantai Blado, Munjungan, Trenggalek akibat terjerat jaring nelayan. Beruntung hewan laut itu berhasil diselamatkan dan didorong ke tengah laut.

Kapolsek Munjungan Iptu Rohmad Hudi mengatakan kejadian terdamparnya Hiu Paus itu terjadi Kamis (24/9). Hiu yang memiliki panjang lebih dari lima meter tersebut sempat menjadi tontonan warga yang ada di kawasan pantai. Banyak warga mengabadikan momen tersebut menggunakan HP.

"Informasi dari warga yang ada di sekitar lokasi memang demikian, terjerat jaring sehingga terdampar ke pantai," ujarnya.

Lebih lanjut Rohmad mengatakan mengetahui ada Hiu Paus yang terdampar, sejumlah warga dan nelayan setempat mencoba memberikan pertolongan dengan mendorong hewan laut itu ke laut dalam.

"Alhamdulillah berhasil diselamatkan dan sudah kembali ke tengah," imbuhnya.

Hiu Paus merupakan hiu pemakan plankton. Dinamakan Hiu Paus karena berukuran tubuh besar dan memiliki kebiasaan makan dengan menyaring air laut mirip dengan Paus. Hiu ini merupakan pengembara laut yang banyak dijumpai di kawasan samudera tropis.

(Adhar Muttaqien/iwd)