Viral Video Polisi Gagalkan Wayangan di Ponorogo

Charoline Pebrianti - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 16:50 WIB
polisi gagalkan wayangan di ponorogo
Polisi saat menjelaskan penundaan wayangan (Foto: Tangkapan layar)
Ponorogo -

Viral video polisi menunda acara wayangan di Desa Bulu Lor, Kecamatan Jambon, Ponorogo. Polisi mencoba menjelaskan alasan di balik penundaan tersebut.

Video berdurasi sekitar empat menit tersebut diunggah melalui instagram akun ponorogo.update sebanyak lima slide. Unggahan pada Selasa (22/9) ini mendapat 2.873 like dan 113 komentar. Dalam caption juga ditulis video ini diambil dari akun facebook jack av multimedia.

Berbagai tanggapan langsung membanjiri kejadian ini. Sebagian besar warganet menyayangkan pembatalan wayangan. Sebab, pemilik hajat sudah menyewa grup wayangan.

Akun iin_n27 menulis seumpama wayang saja tanpa penonton apakah tidak boleh itu min, jadi ditutup dan dijaga seperti acara wayang virtual.

Akun lainnya, ikaa_febria menulis yohh sakke lurr (yoh, kasian lur).

Akun lainnya, susan_jabrix menuliskan sementara ditangguhkan untuk kalangan bawah ya min.

Kapolsek Jambon Iptu Nanang Budianto menjelaskan kejadian tersebut terjadi pada Selasa (22/9) siang. Pihaknya pun mengaku kegiatan tersebut bukan pembubaran tetapi hanya penangguhan kegiatan.

"Bukan pembubaran namun hanya penangguhan kegiatan," terang Nanang kepada detikcom, Rabu (23/9/2020).

Nanang menjelaskan penangguhan kegiatan tersebut dikarenakan izin acara belum turun. Sebab, yang bersangkutan baru mengajukan izin pada Selasa (22/9) siang. Padahal acara dilaksanakan pada Selasa (22/9) malam.

Pun juga sebelumnya ada salah satu sinden yang meninggal dunia akibat COVID-19. Dikhawatirkan ada yang tertular sehingga memunculkan klaster baru.

Selain itu, acara yang ditangguhkan ini hanya untuk ruwatan pribadi bukan ruwatan desa maupun mantenan. Sehingga acara ini bisa ditangguhkan.

"Sesuai maklumat Kapolri semua kegiatan pengumpulan masa keramaian dan lain-lain untuk tidak diadakan dan tidak dilaksanakan," pungkas Nanang.

Tonton juga video 'Rombongan Ambulans Jenazah Ribut dengan Pemobil di Banyumas':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)