Permintaan Tanaman Hias Banyuwangi Meningkat 5 Kali Lipat Saat Pandemi

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 20 Sep 2020 20:49 WIB
Pandemi COVID-19 tak menyurutkan gairah penghobi tanaman hias. Permintaan tanaman hias justru meningkat hingga 5 kali lipat.
Tanaman Philodendron Glandiflorum Var yang dihargai Rp 500 juta/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Pandemi COVID-19 tak menyurutkan gairah penghobi tanaman hias. Permintaan tanaman hias justru meningkat hingga 5 kali lipat di Banyuwangi.

Dalam sebuah pameran tanaman hias di Agro Wisata Tamansuruh, Banyuwangi, dijual berbagai tanaman hias dengan nilai yang fantastis. Salah satunya adalah tanaman Philodendron Glandiflorum Var yang dihargai Rp 500 juta dan Rp 400 juta. Pada harga puluhan juta ada bunga Philodendron Glandiflorum senilai Rp 30 juta dan Pillow Dendron Gladiflorum Rp 50 juta.

Philodendron grandiflorum atau yang lebih dikenal dengan sebutan Philo Kabel Busi, tidak hanya indah karena warna hijau dan bentuk daunnya. Philo ini juga indah karena warna batangnya yang oranye kemerahan, seperti kabel busi. Warna batang membuat philo mempesona banyak orang.

Pendiri Perkumpulan, Pencinta, Petani dan Pedagang Tanaman Hortikultura (Petara) Banyuwangi, Khoirul Fanani (28) mengatakan, permintaan tanaman hias meningkat hingga 5 kali lipat selama pandemi COVID-19.

"Kalau di Banyuwangi minat tanaman hias sekitar 20 persen. Minat tersebut lebih baik dibandingkan kabupaten-kabupaten lain di Tapal Kuda. Kami terbuka kepada siapapun yang ingin belajar," kata Khoirul kepada wartawan, Minggu (20/9/2020).

Khoirul mengatakan, tanaman hias senilai ratusan juta Rupiah tersebut sengaja didatangkan dari Jakarta untuk dijual dan dipamerkan, agar masyarakat mengetahui peluang ekonomis bertani tanaman hias.

"Ini dari kolektor orang Jakarta, didatangkan ke sini biar masyarakat Banyuwangi mulai cinta dengan tanaman hias. Selama pandemi ini warga banyak yang kerja di rumah dan mulai banyak menyukai tanaman hias," jelasnya.

Tonton juga 'Sisi Positif dan Negatif Pelajar yang Hobi Nge-game saat Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2 3