Keren, Mahasiswa Surabaya Ini Daur Ulang Botol Plastik Jadi Outer Mewah

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 07:20 WIB
mahasiswa Fakultas Desain Fashion dan Tekstil (DFT) UK Petra Surabaya
Outer mewah dari botol air mineral (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Dunia fesyen terus berkembang. Berbagai bahan telah dicoba untuk dijadikan pakaian. Salah satunya botol air mineral. Botol air mineral ini bisa didaur ulang menjadi outer mewah nan cantik seperti putri kerajaan.

Tiffany, mahasiswa Fakultas Desain Fashion dan Tekstil (DFT) Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, mendesain baju dari botol air mineral berkonsep zero waste berjudul Awekening.

Baju jumpsuit Awekening ini juga memiliki sendiri. Yakni menggambarkan seorang putri kerajaan dengan kehidupan serba mewah. Tetapi secara tiba-tiba harus menjadi pemimpin bagi rakyatnya.

"Menggambarkan seorang putri kerajaan yang biasanya kehidupannya megah mewah, suatu saat kerjaan mengalami kemerosotan dia harus turun secara langsung akar permasalahan agar masyarakatnya bisa tentram. Hingga akhirnya dia bisa membangun kembali kerajaan tersebut," kata Tiffany di Gedung Q UK Petra Surabaya Jalan Siwalankerto, Senin (7/9/2020).

Sebagai pelengkap pada busana ready to wear, Tiffany memadupadankan jumpsuit dengan outer. Pada bagian outer memberikan unsur sustaineble atau memanfaatkan limbah plastik sebagai hiasan.

"Untuk bagian outer ada ornamen dari limbah plastik diambil dengan mutiara, bits sama payet agar hiasannya lebih indah," ujarnya.

Sementara unsur zero waste juga digunakan dalam potongan outernya. Pembuatan outer tidak memiliki bentuk potongan yang rumit, sehingga tidak ada sisa kain yang dibuang dan menjadi limbah.

Selanjutnya
Halaman
1 2