6,5 Kg Sabu Malaysia yang Gagal Diselundupkan Dibungkus Kotak Kemasan Susu

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 18:30 WIB
sabu polda jatim
Polisi menunjukkan barang bukti 6,5 kg sabu (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

6,5 Kg sabu asal Malaysia gagal diselundupkan ke Sampang, Madura. Untuk mengelabui petugas, pelaku membungkus sabu 5,6 kilogram menggunakan kotak kemasan susu.

Sekilas memang tak ada yang aneh dari kotak kemasan susu yang digunakan. Merek susu ini pun juga kerap dikonsumsi masyarakat. Namun saat dibuka, bungkus aluminium foil yang biasanya berisi susu diganti dengan sabu.

Sabu 6,5 kilogram ini juga dikemas dalam beberapa kotak. Pelaku membaginya menjadi belasan kotak dan mengirimnya melalui jasa pengantaran menggunakan kapal.

"Modusnya menggunakan jasa pengiriman dengan mem-packing memasukkan sabu di kotak kemasan minuman susu. Dari luar negeri, masuk ke Tanjung Perak dan kemudian dikirim ke wilayah Madura kabupaten Sampang," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko saat rilis di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (31/8/2020).

Truno menyebut sabu ini dari Malaysia dan dikirim alamat tujuan ke Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura.

"Negara asal yang bersangkutan menyampaikan dari Malaysia. Setelah sampai di sana kita menunggu, melihat siapa yang mengambil sesuai dengan alamat yang dituju. Setelah diambil, maka Polres Tanjung Perak telah melakukan penangkapan terhadap dua tersangka. Didapat beberapa hal yaitu saat dibuka, ternyata barang bukti tersebut adalah jenis narkoba yang berjenis sabu, yaitu seberat 6,548 kilogram atau 6,5 kilogram," papar Truno.

Selanjutnya
Halaman
1 2