3 Bacalon Kepala Daerah Terima Baiat di Ponpes Lirboyo Kediri

Andhika Dwi - detikNews
Minggu, 30 Agu 2020 23:12 WIB
Tiga pasangan bacalon kepala daerah dari PKB di Jatim menerima tausiah dan baiat dari para kiai NU di Ponpes Lirboyo Kediri. Pasangan bacalon ini dari Lamongan, Ponorogo dan Kota Blitar
Tiga pasangan bacalon kepala daerah menerima baiat dari para kiai NU di Ponpes Lirboyo Kediri/Foto: Andhika Dwi
Kediri -

Tiga pasangan bacalon kepala daerah dari PKB di Jatim menerima tausiah dan baiat dari para kiai NU di Ponpes Lirboyo Kediri. Pasangan bacalon ini dari Lamongan, Ponorogo dan Kabupaten Blitar.

Proses baiat dan tausiah digelar di Gedung Serbaguna Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri. Mereka merupakan jago-jago dari PKB di Pilkada 2020 ini.

Ada tiga pasangan yang turut dalam tausiah dan baiat gelombang kedua yang digagas DPW PKB Jawa Timur ini. Yakni Kartika Hidayat dan Saim untuk Kabupaten Lamongan, Rini Syarifah dan Rahmat Santosa untuk Kota Blitar, serta Ipong Muchlissoni dan Bambang Tri Wahono untuk Kabupaten Ponorogo.

Sebelumnya di gelombang pertama, tausiah dan baiat diikuti oleh 10 pasangan bakal calon kepala daerah di Hotel Mercure Surabaya, Sabtu (22/8).

Selain sowan dan mengenalkan para bakal calon kepala daerah di Pilkada 2020 ke para kiai NU, Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk meminta arahan dan bekal untuk para calon pemimpin ini.

"Secara umum, tausiah ini kan arahan ya, (tentang) bagaimana keberpihakan kepada rakyat. Untuk kemarin yang saya simpulkan hampir semua selalu dawuh terkait keberpihakan kepada rakyat siapa pun, rakyatnya semua," katanya, Minggu (30/8/2020).

Para kiai yang memberikan wejangan dalam kegiatan ini adalah KH Anwar Mansyur, KH Anwar Iskandar dan KH Kafabih Mahrus. Agenda baiat berlangsung secara tertutup karena situasi pandemi.

Termasuk alasan pemindahan ke Kediri kali ini. Selain itu panitia melakukan pembatasan jumlah peserta dengan mewajibkan rapid test serta mematuhi protokol kesehatan untuk para undangan.

Sementara itu, agenda tausiah dan baiat gelombang ketiga rencananya bakal diikuti oleh bakal calon kepala daerah untuk 7 wilayah. Di antaranya Kabupaten Kediri, Jember dan Tuban.

(sun/bdh)