Asyek .. Siswa di 9 SMPN Kota Blitar Dapat Bantuan Kuota Internet

Erliana Riady - detikNews
Selasa, 25 Agu 2020 09:49 WIB
Siswa di 9 SMPN Kota Blitar Dapat Bantuan Kuota Internet
Siswa belajar daring dapat kuota internet (Foto: Erliana Riady/detikcom)

"Sesuai kesepakatan MKKS dan sesuai kemampuan dana BOS yang sudah berada di pertengahan tahun. Kami sepakati, bantuan kuota internet 10 Gb per bulan, selama 2 bulan ini," jawabnya.

Meskipun hanya 10 Gb, Murdiyanto berharap, bantuan ini bisa membantu meringankan beban orang tua di masa pandemi COVID-19.

"Selanjutnya kita berharap bantuan dari pemkot tidak hanya kuota internet. Tapi juga wifi gratis di beberapa titik untuk membantu siswa," tambahnya.

Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Blitar memang memutuskan akan meneruskan proses jarak jauh (PJJ) secara daring. Walaupun status Kota Blitar berada di zona orange. Disdik Kota Blitar telah mewacanakan memberikan bantuan kuota internet gratis untuk melancarkan kebijakan itu.

Untuk bantuan kuota internet pada bulan Oktober sampai Desember 2020, pihak Dispendik sudah mengusulkan dalam Perubahan APBD Pemkot Blitar Tahun Anggaran 2020 untuk siswa TK sampai SMP negeri dan swasta.

Jumlah total jumlah siswa yang dibantu sebanyak 20.199 siswa. Dengan rincian siswa TK negeri/swasta 2.988 siswa, SD negeri/swasta 10.876 siswa dan SMP negeri/swasta 6.116 serta Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat 219 siswa.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Blitar, Priyo Suhartono menyatakan, jika saat ini pihak sekolah sudah merealisasikan itu dengan mengambil dana BOS itu merupakan kewenangan mutlak pihak sekolah.

"Mutlak kewenangan sekolah untuk mengelola dana BOS. Sedangkan bantuan dari pemerintah, masih kami ajukan sudah mengusulkan dalam Perubahan APBD Pemkot Blitar Tahun Anggaran 2020 untuk siswa TK sampai SMP negeri dan swasta," pungkasnya.


(fat/fat)