Pantai Kenjeran Dijubeli Wisatawan Saat Long Weekend, Kebanyakan Tak Pakai Masker

Esti Widiyana - detikNews
Minggu, 23 Agu 2020 17:18 WIB
Pantai Kenjeran Dijubeli Wisatawan Saat Long Weekend
Pantai Kenjeran (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Pantai Kenjeran merupakan salah satu destinasi wisata di Surabaya yang banyak diminati para wisatawan, terlebih saat long weekend. Namun saat Pandemi COVID-19 dan Surabaya kembali berstatus zona merah justru tempat wisata itu dijubeli banyak orang dan mengabaikan protokol kesehatan.

Dari pantauan detikcom, Minggu (23/8/2020) di Pantai Kenjeran, banyak wisatawan yang tidak memakai masker hingga tidak menjaga jarak. Mereka asyik bersantai di bibir pantai, berkumpul bersama keluarga, anak-anak bermain di air laut hingga menikmati wisata dengan menaiki perahu.

Kendaraan roda dua maupun roda empat banyak diparkir di pinggir jalan sekitar Pantai Kenjeran dan di depan Taman Suroboyo. Semakin sore semakin banyak orang yang datang.

Sayangnya, di Pantai Kenjeran tidak ada petugas keamanan untuk mengingatkan pengunjung agar disiplin protokol kesehatan. Biasanya petugas baik dari Satpol PP maupun Linmas selalu mengawasi tempat-tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Bahkan, di tempat bermain anak-anak di Taman Suroboyo tidak ditutup. Sehingga anak-anak bisa bermain yang seharusnya dilarang karena bisa terjadi penularan COVID-19.

Di samping Taman Suroboyo pun juga telah dibatasi oleh pembatas agar warga tidak memasuki. Faktanya, mereka justru menerobos bahkan banyak pedagang dan anak-anak di sana yang bermain layangan.

Salah satu wisatawan, Rochman (26) sengaja menghabiskan akhir long weekend di Pantai Kenjeran bersama keluarganya. Meski sedikit takut terpapar COVID-19, tapi dia tetap berangkat. Namun masker yang ia kenakan tidak dipasang dengan benar.

"Kan libur panjang, jadinya jalan-jalan sama keluarga. Takut sih kena Corona, yang penting hati-hati saja," kata dia kepada detikcom.

Para wisatawan menikmati liburannya di Pantai kenjeran tanpa terlihat rasa takut akan COVID-19. Pedagang makanan atau mainan pun juga tak sedikit disana, lagi-lagi juga banyak yang tidak mengenakan masker maupun memakainya dengan benar.

Tonton video 'Tangkuban Parahu Ramai Pengunjung saat Long Weekend':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)