Viral Sumpah Pocong di Bondowoso Gegara Sengketa Tanah

Chuk S WIdarsha - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 12:27 WIB
viral sumpah pocong
Sumpah pocong di Bondowoso yang viral (Foto: Tangkapan layar)
Bondowoso -

Video prosesi sumpah pocong di Prajekan, Bondowoso viral di medsos. Prosesi sakral itu terjadi gegara sengketa tanah.

Video supah pocong itu diunggah akun Instagram @ndorobeii. Video sumpah pocong tersebut sudah ditonton 143.196 kali, serta mendapat 491 komentar.

Beragam reaksi mencuat dari para netizen. Ada yang mempertanyakan tentang syariah sumpah pocong dari sisi agama, hingga mempertanyakan konsekuensi dari sumpah pocong.

Sebagaimana dilihat dari akun @adhih****n yang berkomentar, 'yang saya atau di agama Islam sumpah tertinggi cuma DEMI ALLAH'. sementara akun @rosema**.f**d menulis, 'eeh serius tanya, klo yg sumpah pocong ternyata boong, efeknya apa ? Dia jd meninggal ? Ato gmn'.

Camat Prajekan Abdul Manan, detika dikonfirmasi detikcom membernarkan kejadian sumpah pocong tersebut. Kejadiannya di Masjid Al-Arif, Prajekan. Sumpah pocong itu terjadi pada Jumat (14/8/2020).

Tonton juga 'Pasutri Banyuwangi Jalani Sumpah Pocong Karena Dituduh Punya Santet':

[Gambas:Video 20detik]

Benar, kemarin. Bagi mereka sumpah pocong itu mungkin alternatif terakhir. Karena sebelumnya kedua pihak sudah kami pertemukan untuk mediasi," kata Abdul Manan saat ditemui detikcom di rumahnya, Sabtu (15/8/2020).

Dari informasi yang dihimpun, mereka yang melakukan sumpah pocong yakni Rukyati, sebagai penggugat, dan Sri Widiarti, sebagai tergugat. Keduanya warga Prajekan Kidul, Kecamatan Prajekan, Bondowoso.

(iwd/iwd)