29 Ribu Peserta Tak Lolos SBMPTN 2020 Unair Masih Berpeluang di Jalur Mandiri

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 19:25 WIB
Universitas Airlangga (Unair)
Kampus Unair (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya telah mengumumkan 2.117 peserta lolos SBMPTN 2020. Bagi yang belum lolos, masih ada jalur mandiri.

Rektor Unair Prof M. Nasih mengaku peminat SBMPTN lebih dari 32 ribu. Namun daya tampung SBMPTN hanya 2.067 mahasiswa.

"Masih ada 29 ribu yang berminat di Unair yang belum terjaring melalui seleksi SBMPTN," kata Prof Nasih di Gedung Rektorat Kampus C, Jumat (14/8/2020).

Meskipun tak lolos di pengumuman SBMPTN 2020, bukan berarti tidak ada peluang untuk masuk di perguruan tinggi negeri. Dia menjelaskan masih ada kesempatan di Unair untuk mengikuti seleksi yang lain.

"Kami membuka kesempatan bagi mereka-mereka yang belum lulus dari seleksi SBMPTN ini untuk tetap bersama-sama dengan Unair melalui jalur lain, yakni mandiri. InsyaAllah ujian tulisnya untuk mandiri reguler dilakukan besok dan lusa," jelasnya.

Sementara jalur mandiri kemitraan akan dibuka terus hingga 24 Agustus 2020. Sementara pihak Unair tengah merancang untuk prodi-prodi. Sebab, pihaknya tidak mungkin membuka semua peserta dari mandiri reguler.

"Akan kami buka program mandiri jilid dua yang Insya Allah nanti akan menggunakan nilai UTBK yang ada. Komposisi-komposisi tentu akan mengikuti kondisi atau peminat dari reguler kali ini," pungkasnya.

(fat/fat)