Heboh Warga Kota Malang Cium Jenazah Pasien Probable COVID-19

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 22:56 WIB
Beredar video warga Malang memaksa memulangkan jenazah pasien terpapar COVID-19. Dalam video berdurasi 2 menit 42 detik itu tampak seorang warga membuka paksa keranda berisi jenazah.
Warga Kota Malang mencium jenazah pasien probable COVID-19/Foto: Tangkapan Layar
Malang -

Beredar video warga Malang memaksa memulangkan jenazah pasien terpapar COVID-19. Dalam video berdurasi 2 menit 42 detik itu tampak seorang warga membuka paksa keranda berisi jenazah.

Peristiwa itu disebut-sebut terjadi di Rumah Sakit Tentara (RST) Soepraoen, Kota Malang pada Sabtu (8/8). Lalu, salah seorang warga sempat membuka kantong jenazah dan menciumi jasad pasien pria berinisial B (58), warga Kedungkandang, Kota Malang itu.

"Ga usah, ayo digowo moleh ae (tidak usah, ayo dibawa pulang saja)," ucap pria berpeci putih sembari membuka keranda jenazah, seperti dalam video yang dilihat detikcom, Rabu (12/8/2020).

Petugas medis dan aparat keamanan yang berada di lokasi berusaha menghentikan upaya pria tersebut merebut jenazah. Rencananya, jenazah saat itu akan dibawa ke Rumah Sakit dr Saiful Anwar (RSSA) untuk menjalani pemulasaraan sesuai protokol COVID-19.

Wali Kota Malang Sutiaji menyesalkan adanya peristiwa tersebut. Bahkan, jika merujuk Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020, bisa dikenakan sanksi pidana.

"Dengan adanya video yang viral itu, maka perlu diluruskan. Itu ceritanya keluarga memperbolehkan, tetapi ada orang lain yang membuka. Kalau mengacu Inpres Nomor 6 Tahun 2020 bisa kena pidana," kata Sutiaji menanggapi video viral tersebut.

Sutiaji menambahkan, video yang di-posting tidak utuh. Karena dalam proses selanjutnya, jenazah tetap dibawa ke RSSA untuk menjalani pemulasaraan sesuai protokol COVID-19.

Selanjutnya
Halaman
1 2