Mengapa Pasien Positif COVID-19 Banyuwangi Posting Foto Salat Berjemaah?

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 15:10 WIB
Pasien positif COVID-19 di RSUD Blambangan Banyuwangi salat berjemaah dan mem-posting fotonya. Foto itu diunggah untuk memotivasi pasien lainnya.
Unggahan di akun Instagram @firdamakeup/Foto: Tangkapan Layar
Banyuwangi -

Pasien positif COVID-19 di RSUD Blambangan Banyuwangi salat berjemaah dan mem-posting fotonya. Foto itu diunggah untuk memotivasi pasien lainnya.

Foto itu diunggah akun Instagram @firdamakeup. Sang pemilik akun merupakan bagian dari satu keluarga yang positif COVID-19 dan dirawat di ruang isolasi RSUD Blambangan.

"Saya sengaja mengunggah untuk memberikan semangat kepada siapa pun. Bahwa takdir Tuhan itu sangat indah. Kami memberikan semangat kepada pasien COVID-19 untuk berserah diri kepada Tuhan. Kami tidak ingin pamer tapi ini sebagai bukti syukur kami setelah lepas dari infus," ujar Firda, pemilik akun @firdamakeup kepada detikcom, Senin (10/8/2020).

Menurut Firda, pertama kali masuk ke ruang isolasi III RSUD Blambangan Banyuwangi, semua anggota keluarga yang positif COVID-19 wajib diinfus. Hanya anaknya yang berusia 4 tahun saja yang tak diinfus. Karena selang infus pendek, maka salat hanya bisa dilakukan dengan duduk.

"Jadi tidak bisa untuk berdiri, apalagi sampai salat berjemaah. Makanya pertama kali kami lakukan salat berjemaah sangat bersyukur sekali. Momen ini selalu kita lakukan saat di rumah," tambahnya.

Firda mengaku sengaja meng-upload seluruh aktivitas di dalam ruang isolasi RSUD Blambangan Banyuwangi. Tujuannya, agar masyarakat yang positif COVID-19 tak takut dengan kondisi ruang isolasi.

"Sebenarnya itu kan video kami salat berjemaah. Dan itu kita sengaja upload agar membuka mata masyarakat agar tidak takut. COVID-19 bukanlah aib. Memang nyata dan harus kita hadapi tidak perlu ditakuti. Asal kita melaksanakan protokol kesehatan," tambahnya.

Tonton juga video 'Hasil Tracking, Kemenkes Catat 802 Klaster Corona di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2