Dua Kali Kebakaran di Hutan Baluran Hanguskan 5,2 Hektare Lahan

Ghazali Dasuqi - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 10:28 WIB
Kebakaran terjadi di Hutan Baluran Situbondo dalam dua hari terakhir. Kebakaran terjadi dua kali hingga menghanguskan lahan jati seluas 5,2 hektare.
Hutan Baluran terbakar/Foto: Istimewa
Situbondo -

Kebakaran terjadi di Hutan Baluran Situbondo dalam dua hari terakhir. Kebakaran terjadi dua kali hingga menghanguskan lahan jati seluas 5,2 hektare.

Dua kali kebakaran yang terjadi malam hari itu diduga disebabkan ulah orang tidak bertanggung jawab. Lantai hutan itu sengaja dibakar lalu ditinggal pergi.

"Dugaannya seperti itu. Tapi kepastiannya masih dalam penyelidikan pihak berwenang," kata Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, Minggu (9/8/2020).

Keterangan yang diperoleh detikcom, kebakaran hutan kawasan TN Baluran di Kecamatan Banyuputih itu, di antaranya terjadi pada Sabtu (8/8) malam. Api membakar dedaunan kering dan semak belukar di lantai jati hutan setempat. Tepatnya di Blok Pengarengan Watunumpuk, Resort Watunumpuk Seksi 2 (SPTNW) Karangtekok, di Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih. Di tempat ini, ada sekitar 2 hektare lantai hutan yang terbakar.

Sebelumnya, kebakaran juga terjadi di Blok Unggahan Bitakol, Resort Bitakol Seksi 1 (SPTNW) Bekol, di Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih. Kebakaran yang terjadi pada Jumat (7/8) malam itu menghanguskan lantai hutan jati hingga seluas sekitar 3,2 hektar. Beruntung, dua kebakaran itu berhasil diatasi oleh petugas TN Baluran, Masyarakat Peduli Api, dan dibantu personel Koramil Banyuputih.

Tonton video 'Jokowi: 99% Kebakaran Hutan karena Ulah Manusia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2