Dua Kali Kebakaran di Hutan Baluran Hanguskan 5,2 Hektare Lahan

Ghazali Dasuqi - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 10:28 WIB
Kebakaran terjadi di Hutan Baluran Situbondo dalam dua hari terakhir. Kebakaran terjadi dua kali hingga menghanguskan lahan jati seluas 5,2 hektare.
Hutan Baluran terbakar/Foto: Istimewa
Situbondo - Kebakaran terjadi di Hutan Baluran Situbondo dalam dua hari terakhir. Kebakaran terjadi dua kali hingga menghanguskan lahan jati seluas 5,2 hektare.

Dua kali kebakaran yang terjadi malam hari itu diduga disebabkan ulah orang tidak bertanggung jawab. Lantai hutan itu sengaja dibakar lalu ditinggal pergi.

"Dugaannya seperti itu. Tapi kepastiannya masih dalam penyelidikan pihak berwenang," kata Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, Minggu (9/8/2020).

Keterangan yang diperoleh detikcom, kebakaran hutan kawasan TN Baluran di Kecamatan Banyuputih itu, di antaranya terjadi pada Sabtu (8/8) malam. Api membakar dedaunan kering dan semak belukar di lantai jati hutan setempat. Tepatnya di Blok Pengarengan Watunumpuk, Resort Watunumpuk Seksi 2 (SPTNW) Karangtekok, di Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih. Di tempat ini, ada sekitar 2 hektare lantai hutan yang terbakar.

Sebelumnya, kebakaran juga terjadi di Blok Unggahan Bitakol, Resort Bitakol Seksi 1 (SPTNW) Bekol, di Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih. Kebakaran yang terjadi pada Jumat (7/8) malam itu menghanguskan lantai hutan jati hingga seluas sekitar 3,2 hektar. Beruntung, dua kebakaran itu berhasil diatasi oleh petugas TN Baluran, Masyarakat Peduli Api, dan dibantu personel Koramil Banyuputih.

Tonton video 'Jokowi: 99% Kebakaran Hutan karena Ulah Manusia':

[Gambas:Video 20detik]



Begitu mendengar ada kebakaran di hutan, petugas gabungan itu langsung menuju lokasi. Dengan menggunakan peralatan seadanya, petugas berhasil menjinakkan api hingga tak sampai merembet lebih luas ke lahan lain. Tidak ada korban jiwa maupun cedera dalam musibah kebakaran itu. Situasi saat kebakaran juga terkendali, karena lokasi kebakaran cukup jauh dari pemukiman penduduk.

"Situasi tetap aman karena jauh dari pemukiman. Tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam dua kebakaran itu," lanjut Puriyono.

Sebelumnya, polisi mengancam akan menindak tegas pelaku pembakaran hutan. Hal itu seiring meningkatnya kebakaran hutan yang diduga disebabkan orang tak bertanggung jawab. Polisi juga akan meningkatkan patroli di kawasan hutan untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Selain itu, polisi juga akan meminta pihak BKSDA agar memperbanyak imbauan di titik-titik spot strategis, agar warga ikut menjaga Hutan Baluran. Termasuk dengan tidak buang puntung rokok sembarangan. (sun/bdh)