Round-up

Motif hingga Ancaman Bunuh Diri Gilang Predator Fetish Pocong

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 09:23 WIB
Polisi menghadirkan Gilang Aprilian Nugraha Pratama, predator fetish pocong yang viral. Tersangka dihadirkan dalam jumpa pers di Mapolrestabes Surabaya usai ditangkap di Kalimantan.
Gilang, predator fetish pocong/Foto file: Amir Baihaqi

Tak hanya itu, Gilang juga disangkakan Pasal 335 KUHP terkait perbuatan tidak menyenangkan. Polisi tak menjerat Gilang dengan pasal pelecehan seksual. Sebab dalam kasus fetish pocong belum memenuhi unsurnya.

Polisi juga mengungkapkan, dalam setiap melakukan aksinya, Gilang selalu berdalih soal riset akademik. Bahkan untuk memuluskan aksinya, Gilang kerap memaksa dan mengancam para korban.

"Para korban ini disesatkan. Dengan dalih bagian dari riset. Tapi ternyata bukan. Ketika ada korban tidak mau itu tadi diancam," terangnya.

Menurut Isir, Gilang mengancam akan bunuh diri jika korban tidak menuruti keinginannya. "Tersangka mengancam korban jika tidak melakukan perbuatan yang diinginkan tersangka, maka akan melakukan tindakan lain yang membahayakan dirinya tersangka. Artinya tersangka ini ingin bunuh diri jika tak dituruti," lanjutnya.

"Dan ini menjadi bentuk paksaan kepada korban sehingga mengikuti apa yang diminta atau yang diperintahkan tersangka ini," sambung Isir.

Gilang ditangkap karena munculnya pengakuan sejumlah orang di media sosial soal aksi fetish pocong yang diskenariokannya. Gilang diduga mendapat kepuasan seksual dari foto-video orang lain dibungkus kain jarik.

Halaman

(sun/bdh)