Mahasiswa Unair Geruduk Gedung Rektorat Tuntut UKT Turun 50 Persen

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 14:34 WIB
Mahasiswa Unair Geruduk Rektorat
Demo mahasiswa Unair (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya -

Puluhan mahasiswa yang menamakan diri Aliansi Mahasiswa Unair menggeruduk kantor rektorat kampus C Mulyorejo. Aksi itu dilakukan untuk menggugat ketimpangan uang kuliah tunggal (UKT).

Dalam aksinya para mahasiswa membentangkan sejumlah poster yang bertuliskan kecaman. Tak hanya itu mereka juga memakai topeng bergambar wajah rektor Unair M Nasih.

Adapaun sejumlah poster tersebut antara lain bertuliskan "Selamat Datang di Kampus Mahal", "Peringkat Naik Harga mencekik", "Pak Pripun? UKT Sido Mudun", "Stop Komersialisasi Pendidikan", Cukup Rektor yang Ruwet. Kamu Jangan.

Humas Aliansi Mahasiswa Unair, Awan (22) mengatakan demo yang dilakukan kali sudah yang kedua kalinya. Adapun tuntutan utamanya yakni UKT diturunkan 50 persen.

"Tuntutannya ada 5. Tapi ada 1 tuntutan utama yang kami berharap dipertimbangkan dan direspon oleh rektor yakni pemotongan 50 persen UKT," ujar Humas Aliansi Mahasiswa Unair Awan kepada detikcom, Rabu (5/8/2020).

Menurut Awan, aksi yang dilakukan sudah dua kali ini. Pada aksi yang rektor enggan menemui mereka. Untuk itu, pada aksi yang kedua ini, ia berharap bisa ditemui oleh rektor langsung.

"Sudah dua kali ini. Aksi kami aksi damai. Kami berharap kemarin rektorat mau menemui targetnya. Tapu malah mengritik kami karena dianggap menerobos ke dalam seenaknya. Untuk itu mari kita ngobrol bersama-sama soal tuntutan kami," tutur pria 22 tahun itu.

Usai sekitar satu jam, massa mahasiswa akhirnya ditemui oleh Wakil Rektor Unair 1 Ni Nyoman Tri Puspaningsih. Dalam pertemuan itu, mereka kemudian beraudiensi di depan gedung rektorat.

Mahasiswa Unair Geruduk RektoratMahasiswa Unair Geruduk Rektorat/ Foto: Amir Baihaqi

Adapun 5 tuntutan mahasiswa sebagai berikut:

1. Turunkan UKT sekurang-kurangnya 50% tanpa syarat kepada semua golongan dan semua jalur masuk (SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri).

2. Transparansi alokasi biaya pendidikan Unair.

3. Penuhi kuota internet untuk pembelajaran daring mahasiswa.

4. Bebaskan biaya perkuliahan (UKT) bagi mahasiswa yang hanya sedang menempuh tugas akhir.

5. Legalisasi 4 tuntutan di atas dalam bentuk SK Rektor Unair yang baru mengenai pembiayaan UKT.

Tonton video 'Mahasiswa Adukan Mendikbud Nadiem ke Komnas HAM':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)