Gubernur Khofifah Dapat PR dari Gus Im Terkait COVID-19, Apa Itu?

Enggran Eko Budianto - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 23:52 WIB
PR Gus Im untuk Gubernur Khofifah Terkait COVID-19, Apa Itu?
Khofifah di pemakaman Gus Im (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang -

Sebelum wafat, KH Hasyim Wahid atau Gus Im sempat memberi pekerjaan rumah (PR) ke Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. PR tersebut terkait penanganan wabah COVID-19 di Jatim. Apa itu?

"Sekitar satu bulan yang lalu beliau kirim expert (ahli/pakar) ke Surabaya, ke Grahadi. Beliau ingin Pemprov Jatim bisa berikhtiar untuk sampai menemukan vaksin dan obat COVID-19," kata Khofifah usai pemakaman Gus Im di Ponpes Mamba'ul Ma'arif Denanyar, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Sabtu (1/8/2020).

Menurut Khofifah, saat itu Gus Im berpesan agar pihaknya berhati-hati dalam mencari vaksin dan obat Corona. Cucu tokoh pendiri NU tersebut meminta dirinya mencari obat dan vaksin COVID-19 yang benar-benar direkomendasikan para ilmuan.

"Jadi, itu PR saya sebagai kepala satgas. Bahwa obat dan vaksin untuk COVID-19 belum ditemukan. Maka yang beliau inginkan hati-hati, macam-macam referensi tentang obat dan vaksin pastikan itu atas dasar rekomendasi para scientist (ilmuan). Berarti itu sesuatu yang dari proses temuan ilmiah. Itu sangat clear (jelas) sekali pesannya beliau," terangnya.

Khofifah mengaku terakhir kali bertemu dengan Gus Im Januari 2020. Saat itu virus Corona belum mewabah di Indonesia. Menurut dia, adik kandung KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu mempunyai wawasan yang sangat luas.

"Kalau kita bertemu beliau rasanya sekali ketemu ratusan buku saya bisa dapatkan referensi dari beliau. Karena memang sangat kuat membaca," tandasnya.

Gus Im wafat saat dirawat di RS Mayapada, Jakarta pada Sabtu (1/8) pukul 04.18 WIB. Almarhum meninggalkan seorang istri dan dua anak. Jenazahnya dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga Ponpes Mamba'ul Ma'arif.

Jenazah Gus Im dimakamkan tepat di sebelah makam sepupunya, KH Abdul Wahid Aziz Bisri. Karena semasa hidupnya, Gus Im mempunyai ikatan emosional yang kuat dengan Kiai Wahid Azis. Ini juga menjadi wasiat almarhum sebelum wafat.

Tempat peristirahatan terakhir Gus Im sekitar 2 meter di sebelah utara makam KH Bisri Syansuri. Tokoh pendiri NU itu merupakan kakek Gus Im dari garis keturunan ibunya, Solichah Wahid.

Almarhum juga cucu KH Hasyim Asy'ari dari garis ayahnya, KH Wahid Hasyim. KH Hasyim Asy'ari adalah tokoh pendiri NU sekaligus pendiri Ponpes Tebuireng di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang.

(fat/fat)