Lumbung Pangan Jatim Diperpanjang Hingga Akhir Tahun

Faiq Azmi - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 22:22 WIB
lumbung pangan
Lumbung pangan Jatim (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/File)
Surabaya -

Permintaan masyarakat agar program Lumbung Pangan diperpanjang diamini oleh Provinsi Jawa Timur. Program sembako murah yang dijual dengan harga murah dan gratis biaya pengiriman diperpanjang hingga bulan Desember 2020.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengatakan program Lumbung Pangan Jatim akan terus memberi pelayanan sembako murah di 28 kabupaten kota hingga akhir tahun. Bahkan layanan ini akan ditambah di 5 daerah lagi dalam minggu-minggu ini.

"Keputusan untuk Lumbung Pangan Jatim diperpanjang sudah saya tandatangani dan sekarang ini sedang kami siapkan untuk ditambah lagi ke 5 daerah," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Kamis (23/7/2020) malam.

Khofifah menargetkan di tanggal 6 Agustus 2020 mendatang, perluasan layanan Lumbung Pangan Jatim yang menyediakan sembako murah di bawah harga pasar sudah bisa menjangkau 38 kabupaten kota atau seluruh daerah di Jatim.

Selain jangkauan yang terus diperluas, Khofifah menegaskan bahwa layanan gratis biaya pengiriman masih terus diberlakukan. Pemprov akan tetap memberikan gratis biaya pengiriman dengan ojek online dan juga PT Pos Indonesia.

"Untuk 5 daerah perluasan yang akan kita tambahkan adalah daerah yang pasarnya masuk dalam 25 pasar yang menjadi pantauan BPS. Kita harus pastikan bahwa harga bahan pangan di Lumbung kita lebih murah dibandingkan harga pasar," ujarnya.

Khofifah juga menegaskan perpanjangan program lumbung pangan ini dilaksanakan hingga akhir bulan Desember 2020.

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana Lumbung Pangan Jatim, Mirza Muttaqien, mengatakan teknis pemesanan belanja online gratis ongkis ini sama seperti sebelumnya.

Warga bisa belanja sembako murah di Lumbung Pangan Jatim bisa memilih belanja via website di https://lumbungpanganjatim.com/ dengan pembayaran lewat bank.

Atau melakukan pemesanan online dengan sistem bayar di tempat (COD) melalui What's App di nomor 0811-334-0033. Kedua sistem belanja ini gratis biaya pengiriman hingga ke alamat pemesan.

Pembelian online sembako murah ini akan dikirimkan langsung ke alamat pembeli dari Jatim Expo Surabaya menggunakan jasa pengiriman PT Pos Indonesia. Maksimal waktu pengiriman adalah dua hari.

Pembelian bahan pangan murah dengan harga di bawah pasar bisa dilakukan dengan minimal pembelian Rp 60 ribu, dan maksimal berat pembelanjaan adalah 20 kilogram.

"Langkah ibu gubernur untuk memperpanjang program lumbung pangan dan memprioritaskan di titik-titik pantauan BPS menjadi langlah strategis beliau untuk mengendalikan inflasi Jawa Timur. Dengan pengendalian harga pangan maka inflasi di sektor pangan juga bisa di tekan dengan sangat baik," kata Mirza.

Hal itu sudah bisa dibuktikan dalam momen momen hari raya seperti Idul Fitri yang lalu. Karena dengan adanya lumbung pangan stabilitas harga pangan di Jatim bisa terkontrol.

(iwd/iwd)