28 Warga Kabupaten/Kota Jatim Kini Bisa Belanja di Lumbung Pangan

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 17:30 WIB
lumbung pangan
Kesibukan di lumbung pangan (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Lumbung Pangan Jatim kini telah diperluas pada sembilan kabupaten dan kota di Jatim. Kini, layanan sembako murah dengan harga di bawah pasar telah tersedia di 28 kabupaten dan kota di Jatim.

"Mulai hari ini layanan belanja online di Lumbung Pangan Jatim kembali diperluas. Ada tambahan layanan di sembilan daerah sehingga resmi mulai hari ini 28 kabupaten kota di Jatim sudah tersasar layanan sembako murah dengan gratis biaya pengiriman," kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Rabu (15/7/2020).

Sembilan area perluasan lumbung pangan Jatim yakni di Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, dan di Kabupaten Jember.

Khofifah mengatakan layanan Lumbung Pangan Jatim ini terus diperluas sebagai perluasan sasaran layanan. Targetnya, masyarakat bisa tenang, mudah dan dekat dalam mengakses bahan pangan dengan harga yang terjangkau dam gratis ongkos kirim.

Tak hanya itu, lumbung pangan ini dijadikan tempat kulakan bagi warga untuk dijual kembali di toko kelontong sembako. Khofifah berharap perluasan layanan ini bisa menjaga stabilitas harga pangan di Jatim.

"Harapannya seluruh titik pantau BPS di Jatim akan akan bisa disasar oleh Lumbung Pangan Jatim. Agar lumbung pangan ini bisa dijadikan referensi dalam menjaga stabilitas harga pangan di Jawa Timur. Supaya harga bahan pangan itu tidak naik turun, karena di lumbung pangan itu harganya tidak naik. Yang sering malah terus turun," imbuh Khofifah.

Cara belanjanya mudah, untuk warga di daerah sasaran Lumbung Pangan Jatim yang ingin belanja sembako murah bisa memilih belanja via website di https://lumbungpanganjatim.com/ dengan pembayaran lewat bank.

Tak hanya itu, pembeli bisa melakukan pemesanan online dengan sistem bayar di tempat atau COD melalui WhatsApp di nomor 0811-334-0033. Kedua sistem belanja ini gratis biaya pengiriman hingga ke alamat pemesan.

Khofifah memaparkan pembelian ini akan dikirimkan langsung ke alamat pembeli dari Jatim Expo Surabaya menggunakan jasa pengiriman PT Pos Indonesia. Maksimal waktu pengiriman yakni dua hari.

Tak hanya itu, pembelian dengan gratis ongkir ini bisa dilakukan dengan minimal pembelian Rp 60 ribu, dan maksimal berat pembelanjaan adalah 20 kilogram.

"Kami berharap dengan perluasan yang kami lakukan bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas. Tentunya selain adaptasi baru new normal, kami juga ingin agar masyarakat mendapatkan rasa tenang karena ada ketersediaan bahan pangan yang murah dan melimpah," pungkas Khofifah.

(hil/iwd)