Ratusan Hewan Kurban Blitar Dikirim ke Luar Daerah Jelang Idul Adha

Erliana Riady - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 09:40 WIB
Jelang Idul Adha Ratusan Hewan Qurban Blitar Dikirim ke Luar Daerah
Hewan kurban di Blitar (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Sidoarjo -

Ratusan hewan kurban dari Blitar dikirim ke luar daerah menjelang Idul Adha. Dinas Peternakan Blitar memastikan hewan kurban yang dikirim aman. Karena sudah dibekali Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

Kasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan Disnakkan Pemkab Blitar, Nanang Miftahudin menjelaskan, frekuensi pengiriman hewan kurban dari Blitar meningkat dua pekan ini.

"Dalam sepekan ada lima kali pengiriman. Dua pekan terakhir ini, peningkatan pengiriman hewan untuk qurban dua kali hewan ternak untuk konsumsi harian," kata Nanang kepada detikcom, Selasa (14/7/2020).

Lokasi pengiriman didominasi ke Jabodetabek dan Kalimantan Timur. Berdasarkan SKKH yang diterbitkan disnakkan, sekali pengiriman ada sebanyak 18 ekor sapi dan 60 ekor kambing.

Permohonan SKKH sendiri, melonjak sampai 1.000 dalam sepekan. Dalam kondisi normal, permohonan SKKH hanya sekitar 500 surat setiap pekan.

"Kami juga memudahkan permohonan SKKH ini melalui aplikasi online kawankece. Yakni layanan kesehatan hewan dengan keren dan cepat melalui whatsapp. Begitu kirim kami tindak lanjuti dengan cepat," jelasnya.

Nanang mengimbau, bagi peternak yang berencana menjual hewan ternaknya untuk kurban agar segera mengurus SKKH. Jika akan dikirim ke luar daerah, sebaiknya mengurus tiga hari sebelum dikirim.

"Kami butuh waktu tiga hari ya. Hari pertama untuk pemeriksaan fisik hewan dan hari kedua hasil pemeriksaan dari uji laborat bisa diterima. Hari ketiga, peternak bisa mengambil SKKH di kantor," beber Nanang.

Sesuai Perda Kabupaten Blitar, biaya pengurusan SKKH untuk seekor sapi sebesar Rp 25 ribu dan seekor kambing hanya Rp 2.000.

Tonton video 'Salat Idul Adha dan Sembelih Kurban Boleh, Tapi Ada Pengecualian':

(fat/fat)