Hari Pertama Masuk Sekolah, Khofifah Wanti-wanti Siswa Jauhi Narkoba

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 10:15 WIB
Hari Pertama Masuk Sekolah, Khofifah Wanti-wanti Siswa Tak Coba Narkoba
Gubernur Khofifah bertemu siswa di Grahadi (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Di hari pertama tahun ajaran baru 2020-2021, Gubernur Khofifah Indar Parawansa banyak memberi pesan terhadap para siswa secara daring. Khofifah memberikan sambutan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk SMA dan SMK.

Khofifah ingin para siswa tidak coba-coba untuk mengonsumsi narkoba hingga miras oplosan. Khofifah mengatakan jangan sampai hal ini mengganggu proses belajar siswa dalam menggapai cita-cita.

"Bangun cita-cita itu, siapkan tangga untuk menggapai cita-cita. Kalau anak-anak menyiapkan tangga untuk mencapai cita-cita, pasti tidak akan ada waktu yang terbuang. Apa lagi waktu yang kemudian itu merugikan, misalnya coba-coba narkoba, mohon maaf, anak-anak bukan waktunya clubbing, misalnya," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (13/7/2020).

Khofifah menambahkan selain akan mengganggu untuk proses menggapai cita-cita, hal ini juga akan mencoreng nama baik siswa, sekolah, hingga nama baik orang tua. Selain itu narkoba hingga miras berbahaya untuk tubuh.

"Hilangkan pikiran atau kelakuan untuk ngedrugs atau minuman oplosan. Hilangkan pikiran itu, karena itu pasti akan merusak kondisi tubuh kita, pikiran kita, keluarga kita. Tidak sekadar diri kita, kalau dia berasal dari sekolah mana, maka sekolahnya juga akan tercoreng, keluarga sekolah, juga akan tercoreng terkena getahnya," imbuhnya.

Tak hanya itu, Khofifah juga menyebut anak-anak merupakan umat pilihan. Yang mana merupakan putri terbaik sebagai penerus bangsa.

"Maka waktu adalah belajar. Anak-anak saya harapkan menjadi sosok pembelajar, karena mungkin kita kuliahnya di sebuah perguruan tinggi, ternyata profesi kita sama sekali jauh dari apa yang diajarkan kampus, tapi dia bisa sukses ini terjadi di sangat banyak profesi-profesi strategis," papar Khofifah.

Selanjutnya
Halaman
1 2