Risma Sebut 3 Hari Terakhir Angka Sembuh Selalu Salip Tambahan Kasus COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 17:23 WIB
wali kota risma
Wali Kota Risma (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, sampai sore ini terdapat puluhan warga yang sembuh dari COVID-19. Warga yang sembuh itu bukan hanya dari Asrama Haji, melainkan dari rumah dan rumah sakit.

"Sampai siang ini 40 yang sembuh karena gerak terus angkanya. Kalau Asrama Haji kan mudah tapi kalau rumah yang rawat inap itu kan sulit karena puskesmas harus ngambili satu-satu," kata Risma kepada wartawan di Balai Kota Surabaya, Kamis (9/7/2020).

Risma menjelaskan, yang menjadi faktor banyaknya warga sembuh karena tidak dikucilkan oleh lingkungan tempat tinggalnya. Maka, pasien itu tidak merasa tertekan atau takut.

Selain itu, pasien OTG juga dapat melakukan isolasi mandiri di rumah tanpa di rumah sakit. Namun, itu juga berdasarkan analisa pemkot apakah memungkinkan untuk isolasi mandiri di rumah.

"Kalau ndak memungkinkan bisa di Asrama Haji. Di Asrama Haji kan temannya banyak. Karena katanya salah satu masalahnya kalau dia stres, kalau tidak stres bisa. Dibikin gembira saja mereka," jelasnya.

Risma juga mengakui jika angka kesembuhan di Surabaya lebih tinggi dibandingkan angka kasus COVID-19. Tak hanya hari ini saja, bahkan sudah tiga hari angka kesembuhan menyalip angka kasus.

"Iya kemarin gitu tiga hari begitu, jumlah yang sembuh lebih tinggi dibandingkan yang sakit. Tiga hari terakhir," pungkasnya.

Dari laman https://lawancovid-19.surabaya.go.id/ per tanggal 8 Juli 2020 angka kesembuhan naik 2,3%. Sedangkan kasus COVID-19 baru naik 1,6%.

(iwd/iwd)