200 Sekolah Swasta di Surabaya Siap Terima Siswa Tak Mampu

Fatichatun Nadhiroh, Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 12:29 WIB
Kabid Pendidikan Menengah Dispendik Surabaya Sudarminto
Kabid SMP Dispendik Surabaya Sudarminto (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Dispendik Kota Surabaya memfasilitasi siswa jalur masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang tidak diterima di SMP Negeri, tahun ajaran 2020-2021. Mereka akan diterima sekolah SMP Swasta tanpa membayar selama tiga tahun. Dispendik telah bekerja sama dengan ratusan sekolah swasta.

Kabid SMP Dispendik Surabaya Sudarminto mengatakan, sekitar 200 sekolah swasta yang berafiliasi dengan dispendik untuk menerima siswa kurang mampu. Pihaknya juga sedang mencari CSR dari perusahaan maupun sekolah yang mampu membiayai siswa kurang mampu.

"Untuk mempermudah akses, kami membuka website agar siswa bisa mengentry (Memasukkan) data, di website tersebut ada pilihannya (sekolah) sehingga kami nanti masukkan profilenya ke sekolah swasta," kata Sudarminto, Rabu (8/7/2020).

Sudarminto menjelaskan setiap sekolah masing-masing pagu MBR berbeda. Ada yang 10 siswa dan 20 siswa. Namun, kelulusan tingkat SD di Surabaya lebih tinggi, yakni sekitar 46 ribu, dibandingkan kuota SMP sekitar 20 ribu.

"Sisanya 26 ribu siswa itu ada yang sekolah di luar kota atau langsung melanjutkan ke sekolah swasta. Sedangkan untuk siswa yang sudah mendaftar ke sekolah swasta jalur MBR sampai Jumat ada 600 siswa mungkin ada tambahan (pendaftar) Sabtu, Minggu, dan Senin ini," jelasnya.

Setelah semua terdaftar, dispendik akan merekapitulasi dan memisahkan berdasarkan pagu sekolah swasta tersebut. Sudarminto berharap, orang tua bisa memilih sekolah yang berdekatan dengan tempat tinggal sesuai dengan zonasinya.

Selanjutnya
Halaman
1 2