RS di Surabaya Tambah 20% Bed Khusus untuk Penanganan Pasien COVID-19

Faiq azmi - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 09:35 WIB
Pasien Corona RS Darurat di Jalan Indrapura
RS Darurat COVID-19 di Jalan Indrapura (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Kasus positif COVID-19 di Surabaya berjumlah 6.573 kasus. Dari angka tersebut, yang masih aktif ada 2.962. Lantas bagaimana kondisi rumah sakit yang ada di Surabaya. Benarkah RS saat ini dalam kondisi penuh?

Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Jawa Timur, dr Dodo Anondo mengaku kondisi rumah sakit di Surabaya sempat penuh.

"Beberapa waktu lalu RS memang penuh, tapi penuhnya untuk bed bagi pasien COVID-19. Bukan penuh untuk pasien umum juga, hanya COVID-19. Tapi saat ini kondisinya RS untuk pasien COVID-19 sudah tidak penuh lagi," kata Dodo kepada detikcom, Rabu (8/7/2020).

Dodo menjelaskan saat ini kondisi kapasitas RS untuk pasien Corona tidak penuh. Itu setelah ada imbauan penambahan kapasitas 10-20 persen di setiap RS.

"Jadi setelah sempat penuh, kita diskusikan. Kita berbicara dengan para direktur RS. Bagaimana kalau ditambah kapasitas bed di RS khusus pasien Corona hingga 20 persen. Akhirnya mereka mau menambah hingga 20 persen," terangnya.

Dodo membantah bila saat ini masih ada pasien COVID-19 yang kesulitan mencari tempat perawatan di RS. Saat ini, arus pasien ke RS disebutnya lancar.

Tonton video 'Risma Sidak Warga Tak Pakai Masker Hingga Tegur Kerumunan di Warkop':

Selanjutnya
Halaman
1 2