Ratusan Hektare Sawah di Lamongan Puso Gegara Tikus, Petani Rugi Miliaran

Eko Sudjarwo - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 16:13 WIB
sawah
Sawah di Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Ratusan hektar padi di Lamongan mengalami puso atau gagal panen akibat serangan hama tikus. Lahan pertanian yang mengalami puso tersebut berada di 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Maduran dan Tikung.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP) Lamongan Rudjito mengatkan berdasarkan data yang ada di Dinas TPHP Lamongan, lahan padi yang mengalami puso akibat serangan hama tikus mencapai 426 hektare dan berada di 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Maduran dan Tikung.

"Yang mengalami puso itu di Kecamatan Maduran seluas 49,7 hektare dan di Kecamatan Tikung seluas 377 hektare," kata Rudjito merinci luasan lahan padi yang puso akibat serangan hama tikus, Selasa (7/7/2020).

Rudjito menambahkan akibat lahan padi yang mengalami puso di 2 kecamatan tersebut, kerugian yang dialami petani mencapai sekitar Rp 3,8 miliar. Rinciannya, tambah Rudjito, di Kecamatan Maduran sebesar Rp 403,5 juta lebih dan Kecamatan Tikung mencapai Rp 3,087 miliar lebih.

"Lahan pertanian seluas 426 hektar yang mengalami puso tersebut sudah diasuransikan sehingga kerugian yang dialami petani dapat diminimalisir. Petani juga sudah mengajukan klaim dengan total ganti rugi sebesar Rp 2,5 miliar," terangnya.

Selain mengakibatkan puso di 2 Kecamatan, tambah Rudjito, hama tikus ini juga menyerang lahan tanaman padi di 22 kecamatan lainnya di Lamongan. Hanya saja, imbuh Rudjito, tingkat kerusakan di 22 kecamatan ini bervariasi mulai dari kategori ringan, sedang hingga berat.

"Total lahan yang mengalami kerusakan ringan 1.157 hektare, kerusakan sedang 34 hektare, sedangkan kerusakan berat 95 hektare, tapi tidak sampai puso," tuturnya.

Rudjito menyebut, tingkat serangan hama tikus tahun ini mengalami penurunan jika dibandinkgan tahun sebelumnya. Pasalnya, petani telah belajar dari pengalaman sebelumnya dan melakukan berbagai langkah antisipasi serangan hama tikus. Selain itu, imbuh Rudjito, Dinas TPHP Lamongan juga telah melakukan berbagai upaya penanggulangan hama tikus untuk mencegah puso.

"Di antaranya melakukan penyediaan umpan racun, pengasapan dan gropyokan bersama petani," pungkas Rudjito.

(iwd/iwd)