Menteri BUMN Bantu Gugus COVID-19 Jatim, Salah Satunya Obat Avigan

Faiq Azmi - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 15:28 WIB
menteri bumn serahkan bantuan covid-19 ke pemprov jatim
Menteri BUMN serahkan bantuan COVID-19 ke Pemprov Jatim (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Kasus COVID-19 di Jawa Timur terus bertambah. Selain itu angka kematian juga terus bertambah. Menteri BUMN Erick Thohir mewakili pemerintah memberikan bantuan alat kesehatan dan obat-obatan kepada Gugus Penanganan COVID-19 Jatim.

"Jadi sesuai arahan presiden, kami kemari untuk memberi bantuan kepada Jawa Timur. Ada APD, dan obat Avigan," kata Erick di Gedung Negara Grahadi, Minggu (5/7/2020).

Erick mengatakan bantuan yang diserahkan yakni obat-obatan berupa Avigan sebanyak 100.000 tablet, APD sebanyak 10.000 buah, dan masker bedah berjumlah 100.000 buah. Sesuai arahan presiden, Erick menyebut Jatim perlu perhatian khusus.

"Alhamdulillah kemarin sesuai arahan presiden, kebetulan untuk Jatim 2 kali (bantuan), karena kondisinya perlu perhatian khusus. Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah. Juga sebuah keharusan bahwa di Jatim saya lihat jumlah (COVID-19) yang konstan naik, tentu sekarang kita membawa obat avigan, kalau prosedur baik, diridai bisa menekan angka-angka kematian. Tentu pada saat ini kita semua ingin membantu. Itu yang hari ini kita bantu dan seyogyanya pemerintah harus adil," jelasnya.

Sementara Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa berterima kasih atas bantuan dari BUMN. Apalagi kondisi kasus positif COVID-19 di Jatim belum menurun.

"Ini merupakan ikhtiar pelayanan terbaik untuk masyarakat Jawa Timur. Saya ucapkan terima kasih kepada Menteri BUMN atas bantuan ini. Ini menjad penguatan kepada kita," kata Khofifah.

Sebelumnya, pada bantuan yang diberikan pada Jumat (3/7) lalu oleh Kementerian BUMN, Jatim telah menerima obat yang sama sebanyak 29.000 tablet yang diserahkan oleh Dr dr Fathema Djan Rachmat, SpB., SpBTKV., (K)., MPH selaku Dirut PT Pertamina Bina Medika IHC.

Dr Fathema menyatakan bahwa obat Avigan ini tengah digunakan dalam koridor penelitian dan telah dilakukan di Jakarta dengan memperoleh hasil kesembuhan 63-67 persen.

Hasil penelitian clinical trial di Jepang juga membuktikan bahwa pemberian Avigan mampu membersihkan virus Corona dalam empat hari.

Untuk proses teknisnya, satu orang pasien membutuhkan 52 tablet untuk sekali treatment atau satu fase treatment.

Jika total bantuan 100.000 tablet maka diperkirakan akan ada hampir 2.000 pasien di Jatim yang bisa menggunakan obat tersebut.

Dalam acara penyerahan bantuan ini, juga hadir Menkopolhukam RI, Mahfud MD, Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, dan Perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama.

Tonton video 'Ampuhkah Kalung 'Antivirus' Eucalyptus untuk Tangkal COVID-19?':

(iwd/iwd)