Ini Syarat Pendonor Darah Plasma Konvalesen Eks Pasien COVID-19

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 20:00 WIB
Pendonor di PMI Surabaya
Pendonor di PMI Surabaya (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Plasma darah dari seseorang yang dinyatakan sembuh total dari virus Corona dipercaya bisa menjadi vaksin pasif. Meski begitu, bukan perkara mudah mendapatkan pendonor mantan pasien positif COVID-19.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Surabaya dr Hj Budi Arifah mengatakan untuk mendonorkan plasma darah konvalesen, calon pendonor harus memenuhi sejumlah kriteria yang ditentukan.

Lalu apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi?

"Persyaratannya itu dari usia harus 17 tahun sampai 60 tahun. Kemudian berat badan 55 kg," terang Budi saat berbincang dengan detikcom, Jumat (3/7/2020).

Tak hanya itu, Budi menambahkan calon pendonor juga harus diutamakan pria. Menurutnya wanita bisa saja menjadi donor. Namun ada tambahan kriteria yakni belum pernah melahirkan.

"Untuk donor konvalesen ini diutamakan laki-laki. Diutamakan ya. Kalau terpaksa perempuan, bisa tapi yang belum melahirkan. Nanti jadi ribet. Jadi kami utamakan laki-laki," jelas Budi.

"Karena kalau wanita yang sudah melahirkan itu ada pemeriksaan laboratorium HLA, HNA, HPA yang antibodi-antibodi yang lainnya harus bagus. Tapi itu lebih ribet. Makanya kalau laki-laki kan tidak pakai pemeriksaan itu," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2