Robot SPERO UK Petra Siap Bantu Nakes RS Royal Tangani Pasien COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 27 Jun 2020 09:28 WIB
Universitas Katolik (UK) Petra bekerja sama dengan salah satu rumah sakit rujukan COVID-19 di Surabaya, RS Royal. Mereka membuat robot Support for Pandemic and Apidemic Robot (SPERO).
Robot SPERO/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Universitas Kristen (UK) Petra bekerja sama dengan salah satu rumah sakit rujukan COVID-19 di Surabaya, RS Royal. Mereka membuat robot Support for Pandemic and Apidemic Robot (SPERO).

"Kita terinspirasi membantu rumah sakit menangani pasien COVID-19. Kita mengurangi kontak langsung perawat dengan pasien. Kita buatkan robot yang bisa mengantarkan barang-barang. Dikendalikan dari jarak jauh dan dilengkapi video conference," kata Ketua Tim Spero, Indar Sugiarto di RS Royal, Jumat (26/6/2020).


Indar menjelaskan, robot SPERO sebenarnya hampir sama dengan robot pada umumnya. Namun, kelebihannya adalah terdapat indikator obat untuk pasien.

"Jadi obat itu untuk pasien mana, agar tidak tertukar. Dilengkapi beberapa sensor juga agar tidak menabrak pasien dan lainnya," ujarnya.

Tonton juga 'Peneliti Uji Coba Robot untuk Bantu Dokter Bedah Jahit Pasien':

[Gambas:Video 20detik]


Robot SPERO ini bergantung kepada jaringan internet. Jika di satu ruangan tidak terkoneksi internet, maka robot tidak dapat berjalan.

Tak berhenti hanya membuat satu robot, UK Petra juga membuat robot kedua. Di mana robot kedua ini nantinya memiliki kelebihan dapat mensterilisasi ruangan di rumah sakit.

Selanjutnya
Halaman
1 2