Surabaya Zona Hitam, RS Husada Utama Siapkan 40 Ruangan di Dua Lantai

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 12:37 WIB
Ruangan RS Husada Utama
Ruangan RS Husada Utama dibuka untuk pasien Corona (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Kota Surabaya hingga 2 Juni 2020 ada 2.748 kasus yang terkonfirmasi Corona. Dari jumlah tersebut 300 pasien dilaporkan sembuh dan 253 lainnya meninggal dunia. Surabaya hingga saat ini jadi kota dengan kasus COVID-19 terbanyak di Jawa Timur.

Banyaknya jumlah pasien positif COVID-19 menjadi Surabaya menjadi kawasan zona hitam. RS Husada Utama pun membuka ruangan untuk menampung pasien Crona di lantai 13 dan 14. Per lantai itu memiliki kapasitas 20 ruangan.

"Untuk lantai 13 sudah siap, tinggal sedikit lagi. Semua ruangan akan dibuat untuk tekanan negatif semua," kata Direktur Utama RSHU dr Didi D Dewanto SpOG saat dihubungi detikcom, Rabu (3/6/2020).

Sementara untuk tenaga kesehatan (nakes) yang rencananya akan dikirim dari TNI, Didi mengaku masih berkoordinasi dengan pihak terkait. Seperti koordinasi dengan Pemkot Surabaya khususnya Dinkes.

"Iya rencananya akan mendapat bantuan dari TNI, tapi jumlahnya belum tahu. Karena yang koordinasi nanti dari Dinkes kota dan TNI," jelasnya.

Pihak RSHU secepatnya akan melakukan koordinasi terus dengan dinkes kota dan TNI. Sehingga saat lantai 13 benar-benar siap dan bisa dibuka, nakes juga sudah siap.

Selain itu, jelas Didi, sudah ada empat pasien Corona yang dipulangkan dengan hasil swabnya negatif. Kini pasien yang dirawat ada 180 orang.

"Iya empat sudah kita pulangkan, karena hasil swabnya sudah negatif. Jadi saat ini merawat 180 pasien dari 184 pasien sebelumnya," pungkasnya.

Simak video 'Mobil PCR yang Diminta Risma Sudah Beroperasi Lagi di Surabaya':

(fat/fat)