Kisah Sedih Penantian 10 Tahun Maliki yang Gagal Berangkat Haji Tahun Ini

Ainur Rofiq - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 21:43 WIB
warga bojonegoro gagal berangkat haji
Maliki bebatik hijau dan istri serta anak cucunya (Foto: Ainur Rofiq/detikcom)

"Berdoa saja, semoga Allah memberikan umur panjang bisa ibadah dan berangkat haji tahun depan," imbuhnya.

Salah satunya keluarganya, Opik (38) mengaku seluruh anak dan cucu-cucunya berusaha menghibur orangtuanya. Sebab saat mengetahui haji dibatalkan tahun ini, sedikit shock.

"Khawatir nanti jadi kepikiran, keluarga akhirnya berkumpul untuk menghibur dan memberi semangat. Tentu saja memberikan doa agar tetap bisa berangkat di tahun depan," jelas pengusaha minimarket di Bojonegoro.

Sementara di Kabupaten Bojonegoro terdapat 1.361 calon jemaah haji yang semestinya berangkat ke Baitullah tahun ini. Namun karena pandemi Corona, pemerintah akhirnya membatalkan keberangkatan haji bagi masyarakat seluruh Indonesia.

Maliki Sedang melakukan pemeriksaan kesehatan dalam persiapan haji.Maliki Saat diperiksa kesehatannya/ Foto: Ainur Rofiq

"Untuk tahun ini yang sudah melakukan pelunasan biaya haji sudah 1.361 orang," jelas Kepala Kemenag Bojonegoro Syamsuri kepada detikcom.

Dia menambahkan pembatalan pemberangkatan haji tahun ini karena pertimbangan keselamatan jiwa para jemaah.

"Jadi salah satu pertimbangan karena mepetnya waktu dan keselamatan jiwa karena pandemi COVID-19, yang diutamakan dalam ibadah itu salah satu pertimbangan keselamatan jiwa," pungkas Kakamenag Bojonegoro.

Halaman

(fat/fat)