Sungai Tamban Meluap, Puluhan Rumah di Malang Selatan Tergenang Air

Muhammad Aminudin - detikNews
Minggu, 31 Mei 2020 11:58 WIB
Puluhan Rumah di Malang Selatan Tergenang Air
Foto: Istimewa
Malang -

Hujan deras mengguyur wilayah Malang dan sekitarnya sejak kemarin malam menyebabkan sungai Tamban di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, meluap. Puluhan rumah di enam RT sempat tergenang air. Siang air kondisi air telah surut total dan dilakukan pembersihan material banjir.

Sekretaris BPBD Kabupaten Malang Bagyo Setiono mengatakan, meluapnya sungai Tamban disebabkan tingginya intensitas hujan pada hari sebelumnya. Air yang meluap kemudian sampai ke pemukiman warga.

"Pemukiman yang terdampak sekitar 40 rumah yang berada di enam RT Dusun Tamban, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan," kata Bagyo kepada detikcom, Minggu (31/5/2020).

Bagyo menyebut, ketinggian air sekitar 50 centimeter sampai dengan 75 centimeter yang masuk ke pemukiman warga. Air kemudian surut seiring dengan menurunnya debit Sungai Tamban.

"Ketinggian air yang masuk rumah warga sampai 75 centimeter. Banjir surut bersamaan dengan menurunnya debit sungai Tamban," sebut Bagyo.

Menurunnya debit Sungai Tamban juga dikarenakan intensitas hujan di kawasan Desa Kedungbanteng dan Tambakasri di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, sudah mulai menurunya. Kedua wilayah ini merupakan daerah penyuplai air di sungai Tamban.

Bagyo menambahkan, masyarakat perlu mewaspadai perubahan cuaca di kawasan Desa Klepu, Ringinkembar, Sekarbanyu, dan Tegalrejo, yang berpotensi mengakibatkan banjir susulan. Tidak satupun kepala keluarga harus dievakuasi, karena rumahnya tergenang air.

"Siang ini, pembersihan material banjir yang masuk ke pemukiman warga tengah dilakukan. Prediksi ada banjir susulan jika intensitas hujan di daerah hilir sungai cukup tinggi. Masyarakat telah kami imbau untuk waspada," imbuh Bagyo.

(fat/fat)