Pantau Protokol Kesehatan Saat Salat Id, Gugus COVID-19 Bondowoso Datangi Masjid

Chuk S. Widarsha - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 23:54 WIB
Pantau Protokol Kesehatan saat Salat Ied Besok, Tim Gugus Tugas COVID-19 Datangi Masjid
Tim Gugus COVID-19 Datangi Masjid pantau protokol kesehatan (Foto: Chuk S. Widarsha/detikcom)
Bondowoso -

Tim gabungan Gugus Tugas COVID-19 mendatangi sejumlah masjid di wilayah Bondowoso yang akan menggelar salat Id. Hal itu dilakukan untuk memastikan penerapan jarak fisik.

Pantauan detikcom di lapangan, tim yang terdiri dari Kapolres, Dandim, serta Ketua DPRD setempat langsung mendatangi sejumlah masjid. Di Masjid Jami' At Taqwa Bondowoso, misalnya. Tim yang dipimpin kapolres langsung masuk ke masjid mengecek pengaturan shaf untuk salat.

Bahkan, tim tak segan-segan memberikan tanda menggunakan lakban yang telah dibawanya. Langkah itu dilakukan untuk memastikan jarak yang sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

"Imbauannya memang untuk salat Id di rumah saja. Tapi jika tetap di masjid, maka jaraknya harus tetap diperhatikan," kata Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz, kepada wartawan di lokasi, Sabtu (23/5/2020).

Dia menambahkan, bukan hanya jarak saja, tempat cuci tangan maupun masker tetap harus diperhatikan dalam pelaksanaan salat. Sehingga protokol kesehatan tetap dilakukan.

"Bahkan, kami akan menyiapkan masker yang akan dibagikan secara gratis pada warga yang tak pakai masker. Pokoknya protokol kesehatan harus tetap diperhatikan," tandasnya.

Setelah datang ke Masjid Jami' yang ada di pusat Kota Bondowoso, tim terdiri Forkopimda tersebut juga mendatangi masjid-masjid yang ada di luar kota. Di antaranya Tamansari, Grujukan, Maesan, serta Tamanan.

(fat/fat)