Kabar Baik, Jumlah Pasien Terkait Corona di Surabaya yang Sembuh 1.380 Orang

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 23 Apr 2020 19:46 WIB
rapid test drive thru di RS Hudasa Utama
Rapid test drive thru (Foto Ilustrasi: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Dinkes Surabaya menyebut jumlah pasien yang sembuh dari virus Corona sebanyak 1.380 orang. Angka itu berdasarkan data pemantauan yang dimiliki Dinkes per Rabu (22/4) pukul 16.00 WIB.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Surabaya, dr Ponco Nugroho mengatakan, dari data 1.380 pasien yang sudah dinyatakan sembuh, terdiri dari 1.086 ODP, 243 PDP dan 51 orang pasien terkonfirmasi.

"Angka kesembuhan lebih tinggi 6 persen dari pada kematian," kata Ponco di Balai Kota, Kamis (23/04/2020).

Ponco mengatakan, semua pasien sembuh merupakan pasien rawat jalan dan rawat inap. Pemkot Surabaya selama ini juga telah memberikan perhatian. Mulai dari permakanan sehari tiga kali, minuman tradisional pokak, telur rebus, vitamin, masker bahkan kebutuhan pribadi. Seperti sikat gigi, sisir, sabun mandi, shampo, piring, sendok pun juga menjadi perhatian tersendiri pemerintah.

"Bu wali selalu memberikan perhatian itu. Seperti bersurat, mengirimkan berbagai kebutuhan dan pokak itu dibuat sendiri oleh ibu. Kami berusaha semaksimal mungkin agar imun mereka meningkat. Apalagi psikis orang yang diperhatikan itu positif thinking dapat menambah imun," jelasnya.

Saat ditanya kenapa angka positif di Surabaya mengalami kenaikan, Ponco menjelaskan, jika selama ini pemkot melakukan rapid test dan tes swab tidak hanya sekali saja. Misalkan salah satu pasien saat dilakukan rapid test hasilnya negatif, maka tidak berhenti sampai di situ.

Namun sepekan setelah rapid test, dilakukan rapid test kedua. Hal ini juga berlaku ketika pasien dilakukan tes swab.