Korban Penipuan Pasutri di Bondowoso Terus Bertambah, Ini Upaya Polisi

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Jumat, 17 Apr 2020 12:14 WIB
Suami istri di Bondowoso menipu puluhan warga dalam pembelian gula hingga Rp 4,3 miliar. Setelah dilakukan pemeriksaan intensif, pasutri itu jadi tersangka dan ditahan.
Pasutri yang melakukan penipuan di Bondowoso/Foto: Chuk Shatu Widarsha

Menurut Erick, korban penipuan pelaku masih banyak yang belum melapor. Bahkan diduga ada beberapa korban berasal dari luar daerah. Hanya saja, para korban kebanyakan masih enggan melapor. Mereka masih berharap uangnya bisa kembali.

"Masyarakat bisa langsung telepon maupun whatsApp. Bila memang perlu, langsung saja datang ke posko di polres. Kami akan langsung tindak lanjuti," imbuhnya.

Sebelumnya, polisi menangkap dan menetapkan status tersangka pada pasutri yang terlibat penipuan dan penggelapan. Kedua pelaku yakni Ulmam Tuha (29) dan Adi Lutfi (34), warga Desa Kejayan, Pujer, Bondowoso.


Modus yang digunakan pelaku dalam menjerat mangsanya yakni menjual gula dengan harga jauh lebih murah dibanding harga pasaran. Merasa tertarik, para korban lantas membelinya. Mereka langsung menyerahkan uang secara tunai maupun transfer pada pelaku.

Jumlahnya bervariasi antara puluhan hingga ratusan juta. Namun hingga waktu yang dijanjikan, gula tersebut tak pernah ada alias fiktif. Bahkan pelaku sering menghilang untuk menghindar.

Halaman

(sun/bdh)