Polisi Periksa Pemudik di Kendaraan Umum hingga Pribadi Antisipasi Corona

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 14:28 WIB
Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan
Kapolda Jatim (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Pada arus mudik nanti, Polda Jawa Timur akan memeriksa seluruh masyarakat yang sedang dalam perjalanan ke kampung halamannya. Ini dilakukan mencegah penularan virus Corona. Pemeriksaan ini dilakukan ke seluruh penumpang di kendaraan umum maupun pribadi.

"Semuanya kita lakukan pemeriksaan yang masuk ke pelabuhan yang masuk ke terminal, stasiun maupun bandara," kata Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Kamis (9/4/2020).

Luki mencontohkan misalnya pada bus. Anggotanya nanti akan memberhentikan bus tersebut dan melakukan pemeriksaan pada penumpang satu per satu.

"Tadi saya sampaikan untuk bus akan diberhentikan diperiksa setiap penumpangnya satu per satu dan disemprot dengan cairan yang tidak membahayakan tubuh yang mengandung obat tapi tidak membahayakan," imbuh Luki.

Jika ada penumpang yang diketahui memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat, akan diturunkan dari bus untuk mengikuti pemeriksaan lanjutan lainnya hingga dirujuk ke rumah sakit terdekat.

"Apabila ditemukan mudik yang suhunya panas di atas 37 derajat akan disuruh turun dirujuk di situ ada tim medis nah dari situ baru nanti dirujuk ke rumah sakit," paparnya.

Lalu, bagaimana dengan pemudik yang menaiki kendaraan pribadi? Luki menyebut kesemuanya juga tak lepas dari pemeriksaan petugas. Nantinya, mobil pribadi juga akan diberhentikan.

"Sama (diberhentikan). Tadi kami sampaikan ke seluruh jajaran bukan penutupan. Tapi kita memberikan perlakuan untuk pemeriksaan. Tidak ada PSBB kita lakukan pemeriksaan semuanya secara ketat, itu terkoordinir dengan SOP-nya," pungkas Luki.

Pemerintah: Jangan Mudik, Agar Tak Tambah Risiko Penularan Corona:

(hil/fat)