Kapal Muat Ikan yang Terbakar di Selat Bali karena Korsleting

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 19:47 WIB
kapal terbakar
KM Victori Utama yang terbakar (Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Dua ABK KM Victori Utama selamat dari kebakaran hebat yang dialami kapal di Selat Bali. Mereka mengaku syok dengan kejadian tersebut. Menurut mereka, kebakaran terjadi lantaran korsleting listrik.

Mereka adalah kepala kamar mesin (KKM) Eki Ardiansyah (20), warga Desa Wonokerto Wetan, Kecamatan Wira Desa, Kabupaten Pekalongan, dan ABK Firman Budi Prawiro (25), warga Desa Pencongan, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan.

Menurut dua orang ini, kebakaran tersebut diduga disebabkan adanya korsleting listrik pada kapal tersebut. Sebab, sebelum kapal terbakar, sempat ada bau sangit dari kapal tersebut. Bau sangit ini muncul setelah Eki Ardiansyah menyalakan genset listrik.

"Tak lama kemudian saya mencium bau sangit seperti kabel terbakar," kata Eki ini kepada wartawan, Rabu (26/2/2020).

Mencium bau itu, Eki mencoba mencari sumber bau. Tak lama kemudian dia melihat percikan api pada bagian kanan kamar mesin. Melihat itu, dia bersama Firman berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

"Karena api terus membesar, kami memutuskan melompat keluar dari kapal," ujar Firman.

Firman mengatakan mereka memutuskan meloncat karena takut kapal itu meledak. Saat meloncat meninggalkan kapal, mereka sama sekali tidak membawa apa-apa. Seluruh barang berharga miliknya tertinggal di kapal.

"Semua barang masih di dalam kapal, uang juga tidak sempat kami bawa," jelasnya

Sementara itu, pengurus kapal, Yulius Hendra (33), mengatakan kapal itu lego jangkar sejak 6 Januari 2020. Kapal dalam keadaan kosong karena sedang dalam perbaikan.

"Kapal sedang dalam perbaikan palka," ujarnya.

KM Victori Utama terbakar di Selat Bali saat docking. Kebakaran kapal muat ikan itu tak menimbulkan korban jiwa.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 08.00 WIB, Rabu (26/2/2020). Saat kejadian, ada dua anak buah kapal (ABK) yang melakukan penjagaan kapal. Beruntung, keduanya langsung menyelamatkan diri dengan cara meloncat dari kapal.

Tonton juga Viral, Aktivitas Pengeboman Ikan di Sekitar Pulau Tabuhan Banyuwangi :

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)