PPP Situbondo Pastikan Usung Karna Suswandi Sebagai Bacabup

Ghazali Dasuqi - detikNews
Sabtu, 22 Feb 2020 18:06 WIB
ppp situbondo
Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo -

Menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) mendatang, sebagian partai politik (parpol) di Situbondo mulai menyalakan mesin politiknya. Salah satunya DPC PPP Situbondo, yang telah memastikan mengusung Karna Suswandi sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup).

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua DPC PPP Situbondo Zeiniye dalam Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) PPP di Hotel Utama Raya Situbondo. Selain fungsionaris DPW PPP Jatim dan DPC PPP Situbondo, Rapimcab juga diikuti jajaran dewan majelis serta seluruh PAC PPP se Situbondo. Karna sendiri juga turut hadir dalam Rapimcab PPP tersebut.

"Penentuan nama Bacabup Karna Suswandi ini tidak instan. Tetapi sudah melalui berbagai tahapan, yang diikuti oleh seluruh unsur PPP hingga tingkat ranting. Jadi ketika satu nama itu diputuskan, maka menjadi kewajiban bersama untuk memenangkan. Bukan hanya mengawal saja," kata Zeiniye dalam sambutannya, Sabtu (22/2/2020).

Penjaringan Bacabup PPP diawali dengan tahapan 'PPP Mendengar' yang muncul sejak kepemimpinan almarhum KHR A Fawaid As'ad. Upaya mendengar aspirasi dari kalangan bawah itu, hingga kini terus dipertahankan. Tahapan berikutnya adalah jajak pendapat, yang diikuti seluruh PAC dan Ranting PPP di Situbondo. Saat itu, muncul 34 nama Bacabup.

Dari angka tersebut, kemudian dilakukan rangking oleh DPC PPP bersama desk Pilkada hingga tersisa 7 nama. Sebanyak 7 nama itulah yang dihubungi untuk mendaftar. Namun hanya Karna Suswandi, pria asal Desa Curah Tatal Kecamantan Arjasa dan kini menjabat sebagai Kepala Dinas PUPR Pemkab Lumajang, itu yang menyatakan kesiapannya dan bersedia mendaftar sebagai Bacabup PPP Situbondo.

"PPP Situbondo memutuskan untuk memiliki calon sendiri. Ini merupakan ikhtiar partai untuk kesejahteraan masyarakat Situbondo ke depan. Karena itu, keputusan partai ini menjadi fardhu ain bagi seluruh kader partai untuk menjalankan," tandas Zeiniye yang kini anggota DPRD Jawa Timur itu.

Sementara untuk Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup), papar Zeiniye, hingga kini masih dalam tahap penjaringan. Disebutkan, ada 7 nama yang kini tengah digodok DPC PPP bersama desk Pilkada untuk disandingkan dengan Bacabup Karna Suswandi. Ketujuh nama itu seluruhnya merupakan kader PPP sendiri.

"Tapi untuk siapa saja nama-nama itu, sekarang belum saatnya untuk dipublikasikan. Yang jelas seluruhnya kader partai. Pasangan calon itu yang nantinya akan kita usulkan ke DPP melalui DPW untuk mendapatkan rekom. Insyaallah akhir Maret nanti rekom sudah turun," tukasnya.

Selain mengeluarkan rekomendasi mengusung Bacabup Karna Suswandi, Rapimcab PPP juga akan membahas dan menyusun langkah strategis yang akan dilakukan PPP. Khususnya untuk memenangkan calonnya, dalam kontestasi Pilbup Situbondo mendatang.

"Kami tentu juga membuka diri untuk berkoalisi dengan parpol lain. Sejauh ini komunikasi politik masih terus mengalir. Tapi endingnya nanti, mungkin menjelang pendaftaran. Karena semua partai memiliki proses dan mekanisme sendiri-sendiri," papar politisi asal Kecamatan Jangkar itu.

(iwd/iwd)