Groundbreaking Museum dan Galeri Seni SBY*ANI Dihadiri Mantan Menteri KIB

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Sabtu, 22 Feb 2020 10:05 WIB
Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Renville Antonio
Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Renville Antonio (Foto: Purwo Sumodiharjo)
Pacitan -

Peletakan batu pertama (groundbreaking) Museum dan Galeri Seni SBY*ANI di Pacitan tergolong istimewa. Sejumlah mantan menteri dan pejabat negara di era Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) dipastikan hadir.

"Ya karena beliau-beliau menjadi bagian sejarah perjalanan sekaligus pernah mendampingi Bapak SBY saat bertugas," kata Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Renville Antonio kepada detikcom, Sabtu (22/2/2020).

Menurut rencana, terang Renville, acara tersebut akan diawali pemutaran film 10 Tahun Pengabdian Presiden RI. Dokumenter audio visual itu berdurasi sekitar 30 menit.

Selanjutnya akan disampaikan laporan pembangunan museum. Acara seremonial tersebut dilanjutkan pemutaran profil video berisi detail museum dan galeri seni berdurasi 10 menit.

"Baru nanti itu ada tiga sambutan. Sambutan Bupati Pacitan, sambutan Bu Khofifah (Gubernur Jatim), lanjut sambutan Pak SBY," imbuh Renville.

Adapun peletakan batu pertama, secara simbolis melibatkan sejumlah tokoh nasional. Selain SBY sendiri, wakil presiden ke-11 Boediono juga akan memegang sekop pasir menandai pembangunan.

Tidak itu saja, kedua putra SBY juga akan turut serta. Yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Bhaskoro Yudhoyono (EBY). Adapun dari keluarga Bu Ani diwakili Pramono Edhie Wibowo, mantan Kepala Staf TNI AD.Berikutnya adalah Jusuf Kalla, tokoh yang mendampingi SBY sebagai wapres pada periode kedua. Selanjutnya mantan Menko Perekonomian Chairul Tanjung, Gubernur Jatim, dan Bupati Pacitan.

"Setelah itu kemudian menekan tombol sirene. Baru setelah itu ada dua mobil alat pancang di kanan kiri lokasi melakukan pemancangan tiang," terang Renville.

(iwd/iwd)