Khofifah Ajak Australia Kerja Sama Pendidikan Vokasi dan Kemaritiman

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 20:29 WIB
Dubes Australia Gary Quinlan Ao bertemu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Pertemuan ini membahas kerja sama di bidang pendidikan vokasi dan kemaritiman.
Dubes Australia Gary Quinlan Ao bertemu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa/Foto: Hilda Meilisa Rinanda

Di antaranya 20 SMK berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), sehingga bisa mengakses pasar secara langsung. Kemudian ada 100 pondok pesantren yang menyelenggarakan pendidikan vokasi yang santrinya dibekali soft skill.

"Ini diharapkan akan memperkuat program one pesantren one product," ungkapnya.

Khofifah juga memperkenalkan potensi wisata di Jawa Timur. Baik pantai di Banyuwangi, kawah Ijen, Bromo dan sebagainya. Diharapkan, nantinya wisatawan Australia akan lebih banyak yang mengunjungi Jawa Timur.

"Sekitar 1,3 juta turis Australia datang ke Indonesia terutama di Bali. Biasanya mereka tinggal lebih lama dan mengeluarkan uang juga lebih banyak," tuturnya.


Nilai tambah bagi dunia wisata di Jawa Timur diharapkan bisa bertambah. Karena mereka, turis Australia lebih banyak ke Bali. Untuk itu, Khofifah menawarkan sejumlah pantai di Kab Banyuwangi serta eco wisata di berbagai daerah di Jawa Timur.

"Saat ini banyak turis Australia ke Bali, pantai-pantai Banyuwangi kan banyak yang indah kita berharap akan ada yang bergerak ke Banyuwangi. Selanjutnya ke Ijen maupun nanti ke Bromo, dan sebagainya," lanjutnya.

Sementara itu, Duta Besar Australia Gary Quinlan menyambut baik kerja sama bidang pendidikan dan ekonomi yang disampaikan Gubernur Khofifah.

"Pemerintah Indonesia telah memiliki konsep dalam perkembangan ekonomi ke depan. Dan itu didukung oleh kecepatan teknologi yang dimiliki. Kita bisa menjalin mitra kerja sama dengan baik," ujar Gary.


(sun/bdh)