Gubernur Khofifah Resmikan Gedung SDN di Sulteng Pascatsunami Donggala

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Rabu, 12 Feb 2020 13:49 WIB
Gubernur Khofifah Indar Parawansa meresmikan gedung SDN 9 Dalaka di Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. SDN itu sempat rusak akibat gempa dan tsunami pada 2018.
Gubernur Khofifah saat di SDN 9 Dalaka di Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala/Foto: Istimewa

Selain itu, Khofifah menyebut, pascakejadian pihaknya juga melakukan langkah cepat dalam penanganan bencana gempa dan tsunami. Saat itu, Pemprov Jatim mengirimkan tim advance yang terdiri dari BPBD, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Jatim sebagai penyambung koordinasi dari Pemrov dengan tim penanganan bencana gempa dan tsunami di Palu.

Tak hanya itu, Khofifah menyebut pihaknya juga membuka posko penerimaan bantuan di kantor BPBD Provinsi Jatim. Kala itu, bantuan yang dikirim mencapai 38 truk berisi bahan makanan hingga segala peralatan.

"Pemprov Jatim telah mengirimkan bantuan ke Donggala dengan total bantuan berupa 38 truk berisi bahan makanan, perlengkapan bayi dan perempuan menggunakan KRI Makassar dan KMP Drajat Paciran, bersama 20 personel dari BPBD dan Relawan, satu unit mobil Rescue, satu unit pikap serta satu truk serbaguna," papar Khofifah.


Selain itu, Khofifah menyebut pihaknya juga membantu pemulangan warga Jatim hingga di luar Jatim dari Palu, usai bencana.

Totalnya ada sebanyak 1.720 jiwa. Sedangkan warga Jatim sebanyak 1.410 jiwa yang berasal di antaranya dari Lamongan, Tuban, Malang, Sumenep, Bojonegoro, Banyuwangi, Jember, Trenggalek, Mojokerto dan Pasuruan. Sedangkan warga dari luar Jatim sebanyak 310 jiwa yang berasal dari Jawa Tengah, Palembang, Jakarta, Jawa Barat dan Lampung.


(sun/bdh)